Piastri Raih Kemenangan Perdana, Verstappen Segel Gelar Juara Dunia Ketiga Kalinya

0
51
Oscar Piastri (kiri) dan Max Verstappen usai menyelesaikan sprint race di Formula 1 GP Qatar. (Giuseppe CACACE/AFP)
Oscar Piastri (kiri) dan Max Verstappen usai menyelesaikan sprint race di Formula 1 GP Qatar. (Giuseppe CACACE/AFP)

batampos – Dua catatan hebat terjadi dalam satu balapan sprint di Formula 1 GP Qatar.

Rookie McLaren sukses meraih kemenangan pertamanya di Formula 1. Sedangkan, Max Verstappen (Red Bull) berhasil menyegel gelar juara dunia ketiganya di kelas premium setelah finis di posisi kedua.

Oscar Piastri memenangkan balapan sprint menegangkan yang diwarnai tiga safety car. Pembalap McLaren itu harus berjuang keras melawan George Russell yang melakukan start cepa untuk mengklaim kemenangan pertamanya di F1.

Verstappen berhasil mengejar setelah melakukan start buruk yang membuatnya sempat turun ke posisi kelima. Dia hanya butuh finis di enam besar untuk menyegal gelar ketiganya. Dan finis runner up di sprint lebih dari cukup untuk itu.

Lando Norris berhasil menyalip Russell – yang ban softnya mengalami degradasi parah- di lap terakhir dan mengantar McLaren finis di posisi 1 dan 3 di podium.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton pulih dari sprint yang buruk yang membuatnya berada di urutan ke-12 di grid dan menempati posisi kelima.

Seperti Russell, mobil Ferrari Carlos Sainz dan Charles Leclerc secara dramatis merosot ke urutan keenam dan ketujuh.

Alex Albon meraih poin terakhir dengan mobil Williams-nya, mengungguli Aston Martin milik Fernando Alonso dan Pierre Gasly dari Alpine.

Balapan yang ”hanya” berlangsung 19 lap ini diwarnai tiga kali Safety Car.

Yang pertama terjadi ketika Liam Lawson (Alpha Tauri) melintir di lap pembuka. Kemudian disusul nasib yang sama menimpa Logan Sargeant tiga lap kemudian.

Tabrakan tiga arah yang melibatkan Sergio Perez, Nico Hulkenberg dan Esteban Ocon melahirkan safety car ketiga dan terakhir di Lap 11. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini