Rabu, 24 Juli 2024

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Akhirnya Lolos ke Babak 16 Besar

Berita Terkait

Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak oleh Asnawi Mangkualam. F.Reuters

batampos – Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Kepastian itu diperoleh skuad Garuda melalui tiket posisi tiga terbaik.

Lolosnya Indonesia ke babak selanjutnya sekaligus torehan sejarah itu tak lepas dari hasil pertandingan lain penyisihan grup, terutama di Grup F antara Oman versus Kyrgyzstan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (25/1) malam.

Jantung pencinta skuad Garuda sempat berdetak kencang ketika pemain Oman, Muhsen Al Ghassani, mencetak gol pada menit kedelapan. Hasil itu tentu saja sangat tidak diharapkan karena kemenangan Oman bakal menggeser peringkat Indonesia dari posisi tiga terbaik Piala Asia 2023.

Indonesia berada di posisi keempat dengan torehan tiga angka hasil dari satu kemenangan dan dua kekalahan di Grup D. Torehan itu membuat Indonesia berada di bawah Yordania, Palestina, dan Syria (semua empat poin).

Jika Oman berhasil menang atas Kyrgyzstan, maka torehan poin Oman akan menjadi empat angka (sebelumnya satu poin). Dan, itu tentu saja dapat menggeser posisi Indonesia dari posisi tersebut. Pasalnya, hanya empat tim yang berhak melaju ke babak 16 besar melalui posisi tiga terbaik.

Namun, dewi keberuntungan sepertinya memihak Indonesia. Dan, Indonesia pun patut berterima kasih kepada Kyrgyzstan karena negara pecahan Uni Soviet itu berhasil menyamakan kedudukan melalui Joel Kojo pada menit ke-80. Hasil imbang 1-1 itu pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil imbang itu membuat Oman bersama Kyrgyzstan tersisih, apalagi Oman hanya mengumpulkan total dua poin dari tiga pertandingan penyisihan di Grup F.

Kesuksesan itu membuat pemain Timnas Indonesia kini harus mempersiapkan diri lebih matang lagi, karena laga tak kalah menantang akan dilewati skuad Garuda di babak 16 besar nanti.

Melalui drawing yang sudah disusun oleh AFC, Indonesia akan bertemu dengan negara tetangga Australia di Jassim bin Hamad Stadium, Qatar, Minggu (28/1).

Shin Tae-yong selaku pelatih kepala tentunya berharap permainan Indonesia akan semakin meningkat lagi, apalagi setelah mendapatkan pelajaran sangat berharga saat dikalahkan Jepang di laga terakhir. (*)

Sumber: JP Group

Update