Petenis Unggulan Melaju ke Babak 16 Besar Cincinnati Masters 2023

0
39
Novak Djokovic meraih kemenangan perdananya di ajang turnamen di Amerika Serikat sejak dua tahun lalu di Cincinnati Masters, Kamis (17/8). (AFP)
Novak Djokovic meraih kemenangan perdananya di ajang turnamen di Amerika Serikat sejak dua tahun lalu di Cincinnati Masters, Kamis (17/8). (AFP)

batampos – Novak Djokovic memenangi pertandingan saat kembali ke turnamen Amerika Serikat setelah dua tahun absen, apalagi lawannya Alejandro Davidovich Fokina terpaksa mundur karena cedera di ATP/WTA Cincinnati.

Petenis nomor dua dunia asal Serbia itu melaju ke babak ketiga atau 16 besar setelah memenangi set pertama 6-4, ketika lawannya dari Spanyol itu tidak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera punggung bagian bawah.

“Dia mengatakan kepada saya cedera itu mulai terasa kemarin. Mudah-mudahan dia akan siap untuk New York (US Open),” kata peraih 23 gelar Grand Slam itu, seperti disiarkan AFP, Jumat (18/8).

“Ini bukan cara yang Anda inginkan untuk menang, penonton mengharapkan pertandingan, pertarungan.”

“Saya memiliki emosi yang campur aduk dengan bagaimana pertandingan berakhir. Saya berharap dapat membangun performa dan kemajuan melalui turnamen dengan menaikkan level saya,” ujar petenis berusia 36 tahun itu.

Djokovic bermain di Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak 2021. Dia sempat dilarang memasuki negara itu selama pandemi COVID-19 setelah menolak untuk divaksinasi.

Lawan Djokovic berikutnya adalah Gael Monfils, yang melanjutkan penampilan comeback-nya dengan mengalahkan petenis Australia Alex de Minaur 7-5, 6-4 untuk mencapai babak ketiga.

Petenis Prancis berusia 36 tahun itu unggul saat dia mengalahkan finalis Toronto Masters akhir pekan lalu dalam waktu dua jam dengan 29 winner berbanding 14 winner untuk De Minaur.

“Ini akan menjadi pertarungan para veteran,” kata Djokovic tentang pertandingan para petenis di atas 35 tahun itu.

“Gael adalah pria yang luar biasa, saya sangat menghormati dan menyukainya – dia membawa begitu banyak kegembiraan bagi para penggemar.”

“Dia adalah pemain paling karismatik yang kami miliki dalam dua dekade terakhir,” ujar Djokovic.

Sementara petenis nomor satu dunia, Iga Swiatek, melaju dengan skor kemenangan 6-1, 6-0 atas petenis Amerika Serikat, Danielle Collins, untuk mencapai babak ketiga ATP/WTA Cincinnati Open, Rabu waktu setempat.

Petenis Polandia, yang kalah di semifinal Montreal dari Jessica Pegula, itu mengalahkan Collins dengan hanya membutuhkan waktu 61 menit.

Sementara itu, unggulan ketiga Pegula mengalahkan petenis Italia Martina Trevisan setelah tertinggal pada set pembuka. Petenis yang memenangi gelar Montreal pada akhir pekan lalu itu membalikkan peruntungan dengan 6-7 (2/7), 6-2, 6-3 untuk mencapai babak ketiga.

“Pertandingan itu adalah peralihan yang sangat cepat bagi saya dari Kanada. Kondisi di sini sangat berbeda dan itu akan selalu menjadi masalah,” kata Pegula, seperti disiarkan AFP, Kamis (17/8).

Unggulan kesepuluh juara Wimbledon Marketa Vondrousova melewati Anastasia Potapova 6-4, 6-2, dan selanjutnya akan berhadapan dengan Sloane Stephens dari Amerika Serikat.

Namun, petenis Amerika Serikat lainnya Venus Williams kalah dari Zheng Qinwin 1-6, 6-2, 6-1. Petenis Tiongkok itu selanjutnya akan berhadapan dengan Swiatek di babak 16 besar.

Di sektor putra, unggulan kedelapan asal Italia Jannik Sinner kalah 6-4, 7-6 (7/4) dari petenis kualifikasi Dusan Lajovic, hanya tiga hari setelah memenangi gelar ATP Masters 1000 pertamanya di Toronto.

Pada ulang tahunnya yang ke-22, Sinner kalah untuk pertama kalinya musim ini di babak pembuka setelah mencatatkan 13 kemenangan.

Lajovic, yang berusia 33 tahun, merupakan peringkat 66 dunia. Dia tampil luar biasa saat dia memanfaatkan sepenuhnya kelelahan Sinner setelah upayanya di Kanada.

Kekecewaan juga harus dialami unggulan kelima Casper Ruud. Petenis Norwegia itu kalah 6-4, 3-6, 6-4 dari petenis kualifikasi Australia Max Purcell, peringkat 70 dunia.

Berbeda dari dua petenis putra tersebut, Daniil Medvedev memulai turnamen Cincinnati dengan kemenangan komprehensif.

Petenis nomor tiga itu mengulang kemenangan pekan lalu di Toronto atas Lorenzo Musetti. Dia mengalahkan petenis Italia itu 6-3, 6-2.

Runner-up tahun lalu Stefanos Tsitsipas juga berhasil menumbangkan petenis Amerika, Ben Shelton, setelah mengalahkan petenis berusia 20 tahun itu dengan 7-6 (7/3), 7-6 (7/2).

Alexander Zverev, juara 2021, melaju ke babak ketiga untuk berhadapan dengan Medvedev, setelah mengalahkan petenis Jepang Yoshihito Nishioka 7-5, 6-4.

Semifinalis Toronto Tommy Paul akan menjadi lawan berikutnya untuk unggulan teratas Carlos Alcaraz setelah mengalahkan petenis Prancis Ugo Humbert 6-1, 7-6 (7/4). (*)

 

Reporter: Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini