Pesan Khusus Sang Ayah untuk Asnawi Mangkualam

Final Piala AFF 2020

0
149
Asnawi Mangkualam Bahar (dua dari kiri) merayakan gol pertama Indonesia ke gawang Laos pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020. (Tim Media PSSI)
Asnawi Mangkualam Bahar (dua dari kiri) merayakan gol pertama Indonesia ke gawang Laos pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020. (Tim Media PSSI)

batampos – Nama Asnawi Mangkualam banyak diperbincangkan selama pergelaran Piala AFF 2020.

Selain karena penampilannya yang memang luar biasa sepanjang turnamen, Asnawi kian viral dengan aksi spontannya terhadap Faris Ramli, eksekutor penalti Singapura yang gagal membobol gawang Nadeo Argawinata.

Nah, menjelang laga puncak Piala AFF, sang ayah, Bahar Muharram, memberikan pesan khusus. Dia berharap Asnawi bisa bermain lebih baik. Mampu memimpin teman-temannya di lapangan dan bisa menjadi kapten yang baik dalam memperjuangkan gelar juara pertama Indonesia di ajang tersebut.

’’Kita semua berharap Indonesia menang. Tapi, kebetulan Asnawi ini orang Makassar dan diberi tanggung jawab sebagai kapten, maka dia harus berjuang dengan maksimal. Saya berharap dia bisa membangkitkan semangat teman-temannya di lapangan, berjuang sampai titik darah penghabisan,’’ ucapnya dilansir dari Harian Fajar, Rabu (29/12).

Eks pemain PSM Makassar itu tak mau lagi melihat Asnawi melakukan hal serupa yang dia lakukan kepada Faris Ramli yang gagal mengeksekusi penalti. Apa pun alasannya, hal itu tidak dibenarkan Bahar.

’’Setelah bertanding kemarin, saya telepon dia. Karena ada momen yang saya tidak suka. Setelah pemain Singapura gagal penalti, saya bicara beberapa menit. Dia bilang itu tidak sewajarnya penalti, terus dia cuma mengucapkan terima kasih karena penaltinya gagal,’’ paparnya.

Meski begitu, sebagai pesepak bola profesional, etika menjadi poin nomor satu yang harus dijunjung tinggi. ’’Meskipun bagi dia itu tidak salah, orang lain bisa menilainya sebagai masalah. Jadi, saya bilang, itu pertama dan terakhir yang kamu lakukan,’’ tegasnya.

Terkait kondisi fisik putranya, Bahar mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja. ’’Soal kondisi fisiknya, tadi malam saya telepon lagi. Katanya tidak ada masalah dan dia siap untuk laga final,’’ tuturnya. (*)

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini