Pertama bagi Indonesia, Felix Viktor Iberle Raih Emas Kejuaraan Dunia Junior 2023

0
87
Felix Viktor Iberle. Foto: Via: ANTV Klik.
Felix Viktor Iberle. Foto: Via: ANTV Klik.

batampos – Perenang putra Indonesia, Felix Viktor Iberle, meraih medali emas nomor 50 meter gaya dada putra di babak final Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023 yang digelar di Netanya, Israel, Sabtu (9/9) waktu setempat.

Dikutip dari laman Akuatik Dunia, Senin (11/9), Felix keluar menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 27,39 detik. Perenang berusia 18 tahun itu mengalahkan Jonas Gaur (Denmark) dan Watson Nguyen (Amerika Serikat) dengan margin waktu masing-masing 0,16 detik dan 0,46 detik.

“Iberle adalah fenomena yang baru muncul di dunia selama empat bulan terakhir. Dia adalah satu-satunya perenang Indonesia di kejuaraan ini, hanya berada di kota ini untuk satu kejuaraan dan harus menunggu hingga malam terakhir race untuk mendapatkan kesempatan meraih medali emas,” kata rilis laman resmi Akuatik Dunia.

“Emas yang diraih Iberle merupakan medali pertama Indonesia di kejuaraan renang dunia, baik kelas junior maupun senior, terlepas apa pun warnanya (medali),” ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, Felix juga berhasil memecahkan rekor kejuaraan di babak penyisihan. Dia unggul 0,04 detik dari rekor junior dunia yang sebelumnya dipegang oleh Nicolo Martinenghi (Italia) pada 2017 dengan catatan waktu 27,02 detik. Felix mencatatkan waktu 26,98 detik di babak kualifikasi yang sekaligus menjadi catatan terbaik pribadinya.

Selain rekor kejuaraan dunia junior, Felix juga memecahkan rekor perenang Indonesia. Dia yang merupakan debutan di SEA Games 2023 Kamboja, Mei, mencatatkan waktu terbaiknya di nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan waktu 27,70 detik.

Felix juga memecahkan rekor SEA Games pada sesi kualifikasi dengan 27,56 detik menggeser catatan waktu Chien Yin Lionel Kho asal Singapura dengan 28,15 detik ketika berlaga pada SEA Games 2019 Filipina. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini