Selasa, 31 Januari 2023

Persaingan Lolos 16 Besar Grup B Masih Terbuka

Berita Terkait

Kapten Inggris Harry Kane melakukan lemparan ke dalam saat pertandingan melawan Amerika Serikat. (ALEX PANTLING/THE FA)

batampos – Kalah oleh Wales dengan margin empat gol dan tidak ada pemenang dalam laga Iran versus Amerika Serikat (AS). Itulah syarat yang akan menggagalkan Inggris melangkah ke 16 besar dari grup B. Syarat yang secara realistis sulit terpenuhi.

Seiring di atas kertas bakal melenggang ke 16 besar, pelatih Inggris Gareth Southgate bisa mengubah skema main maupun komposisi pemain saat menghadapi Wales di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, dini hari nanti (siaran langsung Champions TV World Cup 1/Vidio pukul 02.00 WIB).

Seperti dilansir media-media Inggris, Southgate bisa kembali ke skema tiga bek yang membawa The Three Lions –sebutan Inggris– meraih final Euro 2020 yang dihelat tahun lalu.

Baca Juga: Konflik dengan Pelatih, Kiper Utama Kamerun Ditendang dari Skuad Piala Dunia

Kyle Walker atau Eric Dier bisa menjadi bek tengah ketiga sebagai pendamping John Stones dan Harry Maguire. Skema tiga bek sekaligus bagian dari taktik mirroring terhadap Wales.

Southgate, tampaknya, juga mendengarkan kritik pandit dan suara fans yang menginginkan gelandang versatile Phil Foden diberi kesempatan starter.

Foden yang disebut top scorer sepanjang masa Inggris Wayne Rooney sebagai pemain paling perform musim ini di skuad The Three Lions hanya main sekali dari dua matchday.

Yakni, sebagai pengganti dalam kemenangan 6-2 atas Iran pada matchday pertama (21/11).

Baca Juga: Sikat Swiss, Brasil Lolos 16 Besar dan Catat Sejarah Penting Piala Dunia

”Tim ini mencintai Phil (Foden, Red). Dia adalah pemain super. Dia tidak bermain dalam matchday kedua (seri 0-0 melawan AS, Red) karena sejumlah pertimbangan,” tutur Southgate tentang pemain asal Manchester City tersebut kepada ITV Sport.

”Kesempatan baginya untuk terlibat penting dalam permainan kami akan datang,” sambung Southgate seolah memberi sinyal Foden main starter melawan Wales.

Bagi Wales yang kini menduduki juru kunci, lolos ke 16 besar memang masih terbuka. Tapi, syaratnya memang tidak sekadar mengalahkan Inggris.

”Selama perjuangan kami belum dipastikan berakhir, kami akan melakukan segalanya untuk terus berada di ajang besar ini,” ucap bek Wales Ben Davis seperti dilansir Football London.

Baca Juga: Fajar/Rian dan Rehan/Lisa Masuk Nominasi BWF Awards 2022, Ini Daftarnya

Dalam laga lainnya, Iran yang saat ini menempati peringkat kedua di bawah Inggris juga tidak bisa dikatakan aman.

Kalah melawan AS di Al Thumama Stadium, Doha, dini hari nanti WIB (siaran langsung SCTV/mOji/Champions TV World Cup 2/Vidio pukul 02.00 WIB) bisa mengubur asa Team Melli melangkah ke fase knockout Piala Dunia untuk kali pertama dari enam kali partisipasi.

”Ketika semua orang menganggap kami bakal tereliminasi setelah kekalahan oleh Inggris, kami bangkit dalam laga berikutnya (dengan mengalahkan Wales, Red). Kami akan membuktikan lagi kemampuan kami dalam laga penentuan (melawan AS, Red),” tutur striker Iran Sardar Azmoun di laman resmi FFIRI (PSSI-nya Iran).

AS melalui winger Chelsea Christian Pulisic juga tetap bersemangat membawa The Yanks bisa meraih tiket 16 besar. ”Tugas kami belum usai.

Saya berharap kami bisa membanggakan banyak orang dari negeri kami yang terus mendukung kami,” tuturnya kepada Daily Mail. (*)

 

 

 

 

Reporter: JPGroup

 

 

Update