Rabu, 25 Mei 2022

Penalti Mohamed Salah Jadi Pembeda

Berita Terkait

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (depan) dijatuhkan kapten Aston Villa Tyrone Mings untuk memenangi tendangan penalti dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (11/12). (Russell Cheyne/Reuters/Antara)

batampos – Gol tendangan penalti yang dicetak Mohamed Salah menjadi pembeda Liverpool atas Aston Villa. The Reds menang tipis 1-0 dalam laga pekan ke-16 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (11/12).

Hadiah itu diperoleh Liverpool setelah tampil begitu dominan sejak awal pertandingan tetapi begitu kesulitan menemukan celah pada lini pertahanan Villa yang tampil begitu disiplin nyaris sepanjang laga. Salah menerima umpan sodoran dari Jordan Henderson dan merangsek ke dalam kotak penalti di bawah kawalan ketat Tyrone Mings. Kapten Villa itu tertinggal dan terpaksa menjatuhkan Salah dari belakang.

Menghadapi agitasi mind-game kiper Emiliano Martinez, Salah tenang melepaskan eksekusi keras yang tak terjangkau penjaga gawang asal Argentina itu untuk memecahkan kebuntuan pada menit ke-67.

Sebelum penalti itu, Salah nyaris membuka keunggulan Liverpool satu menit menjelang turun minum tapi tembakannya dimentahkan Martinez di area tiang dekat. Martinez juga melakukan satu penyelamatan lain ketika menepis tandukan tajam Virgil van Dijk pada menit ke-53.

Villa yang kini ditangani legenda Liverpool Steven Gerrard berusaha menekan tuan rumah dalam sepuluh menit terakhir pertandingan. Tetapi selalu patah di sepertiga akhir lapangan.

Empat menit menjelang bubaran waktu normal, kiper Alisson Becker sempat melakukan sedikit blunder ketika sapuannya membentur Danny Ings. Terjadi kemelut di depan gawang Liverpool. Tapi beruntung rekan-rekannya bisa meredam bahaya.

Pada menit ketiga injury time, Diogo Jota seharusnya bisa mengunci kemenangan Liverpool lebih awal. Namun, dia tak mampu menyelesaikan bola sodoran Salah yang berakhir melenceng dari sasaran. Jota tak perlu menyesali kegagalannya itu karena skor 1-0 bagi Liverpool bertahan hingga peluit tanda laga usai.

Kemenangan ini membuat Liverpool kini mengoleksi 37 poin pada posisi kedua dan kembali menempel ketat Manchester City yang juga menang dalam laga lebih awal, hanya berjarak satu poin.

Sedangkan Villa yang menelan kekalahan kedua dalam lima laga bersama Gerrard turun ke urutan ke-12 dengan 19 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris seperti dilansir dari Antara.

Pada pertandingan selanjutnya, Liverpool akan kembali main di kandang sendiri saat menjamu Newcastle United pada Kamis (16/12) pekan depan, dua hari setelah Villa bertandang ke Carrow Road menghadapi Norwich City dan melakoni reuni kecil bersama pendahulu Gerrard, Dean Smith. (*)

Reporter: Antara

Update