Sabtu, 20 Juli 2024

Pembukaan Piala Dunia U-17 Bakal Disaksikan Presiden Jokowi hingga Presiden FIFA

Berita Terkait

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 bakal berjalan meriah. (pssi)

batampos – Surabaya bakal jadi salah satu kota penting dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Tak hanya menjadi markas Timnas Indonesia U-17 sepanjang penyisihan Grup A, di Kota Pahlawan akan digelar seremoni pembukaan turnamen.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjanjikan acara selebrasi yang meriah saat pembukaan. Pembukaan Piala Dunia U-17 dihelat jelang kick-off laga Timnas Indonesia Vs Ekuador pada 10 November mendatang. Hari yang bertepatan dengan perayaan Hari Pahlawan, yang merujuk pada semangat juang Arek-Arek Suroboyo di era perang kemerdekaan.

Erick menyebut pembukaan Piala Dunia U-17 bakal lebih meriah dibandingkan acara seremoni yang pernah dibuat di Indonesia. Selebrasi pembukaan event akbar level junior FIFA bakal jadi sejarah.

“Indonesia selalu memberikan yang terbaik saat menjadi tuan rumah sebuah event. Mulai dari Asian Games 2018 hingga Forum G20 2022 selalu meriah dan tak terlupakan. Mudah-mudahan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 jadi yang terbaik,” tutur Erick saat menyambangi Surabaya dalam acara Trophy Experience PD U-17 pada Minggu (29/10).

Untuk acara seremoni pembukaan Local Organizer Committee (LOC) melibatkan Wishnutama, sosok sentral di balik kesuksesan acara selebrasi Asian Games dan G20. Dia tengah menyiapkan konsep acara yang meriah.

“Yang pastu, Mas Wishnutama lagi stres mempersiapkan acara pembukaan. Percaya kan dengan kualitas beliau untuk urusan satu ini? Mudah-mudahan hasilnya bagus dan membuat kita semua bangga,” tutur Eric yang juga menjabat sebagai Ketua LOC.

Sementara penyanyi Wika Salim akan menjadi salah satu pengisi hiburan saat pembukaan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo. Pada acara Trophy Experience akhir pekan lalu, video klip lagu milik Wika bertajuk Bersama Garuda (We Are Together) diluncurkan. Lagu ini bakal dipakai buat membakar semangat Tim Merah Putih berlaga di lapangan.

Selain Wika bakal banyak artis lokal papan atas terlibat dalam seremoni pembukaan. “Acara ini akan melibatkan 100 persen artis lokal. Kami memberikan dukungan kepada mereka supaya mendunia. Kami berharap penonton yang datang ke stadion dan rakyat Indonesia yang menyaksikan lewat layar kaca bisa terhibur dan menikmati selebrasi pembukaan,” tutur Erick.

Gawean pembukaan akan dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo serta Presiden FIFA, Gianni Infantino. “Infrastruktur di Surabaya sudah siap. Tinggal bagaimana nanti kita mengantisipasi keamanan, kemacetan, dan hal-hal lainnya. Piala Dunia U-17 merupakan sejarah bagi bangsa kita. Kami mohon dukungan dari masyakarat Surabaya dan juga Jawa Timur agar turnamen ini bisa sukses dari sisi penyelenggaraan. Kita juga tentu Timnas U-17 bisa berprestasi, terbang tinggi,” ucap Erick.

Erick memuji kesiapan Surabaya sebagai host city Piala Dunia U-17, baik dari sisi infratruktur dan elemen pendukung promosi. Acara Trophy Experience yang digelar di Gedung Pemuda disebut pria yang menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut sebagai yang meriah. Masyarakat Surabaya tumpah ruah dan menunjukkan atusiasme luar biasa.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, semringah melihat semangat warga kotanya menyongsong Piala Dunia U-17. Dia amat berharap sembutan luar biasa ini tak hanya sebatas saat arak-arakan jelang turnamen, tapi juga nanti tersaji saat laga-laga Piala Dunia U-17 dipertandingkan.

“Ayo warga Surabaya dan Jawa Timur kita ramaikan GBT. Tujukkan bahwa kita bisa membantu menguatkan semangat juang Pasukan Garuda saat mengarungi penyisihan sehingga bisa lolos ke fase selanjutnya.”

Selain menjajal Ekuador, Timnas Indonesia U-17 bersua Panama pada 13 November serta Maroko pada 16 November. Juara grup, runner-up, dan empat tim peringkat ketiga terbaik akan melaju ke babak 16 besar. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update