Sabtu, 20 Juli 2024

Pembalap Indonesia Resmi Dipromosikan Dorna Sports di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024

Berita Terkait

Veda Ega Pratama resmi dipromosikan Dorna Sports untuk mengikuti kompetisi Red Bull MotoGP Rookies Cup musim 2024 mendatang. (Sumber: X @AsiaTalentCup)

batampos – Kabar gembira datang dari pembalap rookie Indonesia, Veda Ega Pratama.

Pembalap berusia 15 tahun itu, resmi dipromosikan Dorna Sports untuk mengikuti kompetisi Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024 musim depan.

Informasi terkait Veda Ega Pratama diketahui telah tersiar melalui akun resmi X @AsiaTalentCup pada Selasa (19/12) siang WIB.

Musim lalu pembalap asal Yogyakarta itu, berhasil menjalani musim yang mengagumkan di kompetisi Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) 2023 dengan menyabet gelar juara.

Selain itu, Veda Ega Pratama juga sukses mengamankan sembilan kemenangan dari 12 balapan dengan koleksi 256 poin.

Hasil ini semakin membanggakan karena Veda berhasil memecahkan rekor perolehan poin terbanyak milik Ayumu Sasaki dengan perolehan 203 poin di musim 2015.

Sementara di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC), Veda tampil konsisten dengan finis di posisi tiga klasemen, dengan raihan tiga kemenangan dan koleksi 160 poin.

Pasca menunjukkan performa luar biasa sepanjang tahun 2023, Astra Honda Motor yang merupakan tim yang dihuni Veda menginginkan kompetisi terbaik untuk jebolan akademinya itu. Sempat mencoba ke ajang JuniorGP, namun Veda terhalang regulasi batas minimal umur.

Sejak tahun 2023, batasan usia minimal untuk mengikuti kompetisi junior di sirkuit Eropa itu adalah 16 tahun. Sementara di kompetisi lain, yaitu Red Bull Rookies Cup, Veda sudah memenuhi regulasi umur karena dia sudah genap berusia 15 tahun pada 23 November lalu.

Selain Veda, pembalap asal Thailand, yakni Jakkreephat Phuettisan juga dipromosikan ke Red Bull Rookies Cup. Phuettisan menjalani musim yang bagus di ATC musim lalu dengan meraih kemenangan perdana sekaligus finis di peringkat keempat akhir klasemen.

Kedua pembalap tersebut dipromosikan atas pilihan dari Dorna Sports, dimana mereka akan berkompetisi melawan juara ATS musim 2022, Hakim Danish sebagai perjalanan mereka di Road to MotoGP. (*)

Reporter: JPGroup

Update