Pasangan Ganda Campuran Rinov/Pitha Juara di Spain Master 2024

0
8
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juara Spain Master 2024. (Instagram @badminton.ina)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juara Spain Master 2024. (Instagram @badminton.ina)

batampos – Laga final Spain Master 2024 digelar pada Minggu (31/3) waktu setempat di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol. Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari bertemu dengan Cheng Xing/Zhang Chi wakil dari Tiongkok di final Spain Master 2024.

Rinov/Pitha tampil berani pada gim pertama, namun mulai tertinggal sejak interval gim pertama, dan tidak mampu mengejar Cheng/Zhang. Gim pertama berhasil dimenangkan ganda campuran Tiongkok dengan 21-17.

Pasangan ganda campuran Indonesia kemudian melakukan koordinasi dengan pelatih, Herry IP, guna merancang strategi dalam melawan pasangan Tiongkok.

Gim kedua, pasangan Rinov/Pitha mulai menjalankan strategi baru dengan menyerang lebih agresif sehingga tampil lebih menonjol dan tidak memberikan kesempatan lawan untuk mendapatkan poin.

Saat poin mencapai 9-7, Rinov/Pitha mampu meraih delapan poin berturut-turut, sehingga memperlebar jarak menjadi 15-7, hingga akhirnya mampu mengamankan gim kedua dengan skor 21-12.

Pada saat gim penentu, Rinov/Pitha tetap fokus, menyerang dan merapatkan pertahanan agar pasangan China tidak mampu memperoleh banyak poin. Saat mencapai skor sama, 12-12, Rinov/Pitha mampu mendapatkan empat poin beruntun dan akhirnya mampu memenangkan gim ketiga dengan skor 21-13.

Dilansir dari laman bwfworldtour, final Spain Master 2024 sektor ganda campuran dimenangkan oleh pasangan Indonesia dengan skor 17-21, 21-12, 21-13 dalam pertandingan yang berlangsung 54 menit.

Kemenangan pada Spain Master 2024 sangat berarti bagi Rinov/Pitha. Selain untuk memperoleh poin guna menentukan lolos tidaknya untuk Olimpiade Paris 2024, gelar ini juga mengulang hasil kemenangan mereka pada Spain Master 2021.

Dilansir dari laman Antara, Rinov/Pitha mengungkapkan kunci kemenangan mereka adalah keyakinan dan keberanian dalam menerapkan strategi dan pola permainan yang sudah mereka persiapkan.
Rinov mengatakan bahwa tiga tahun terakhir merupakan ujian untuk mereka dan Rinov/Pitha tetap berusaha untuk kembali dan mungkin kemenangan hari ini jalan dari Tuhan.

Pitha menambahkan bahwa perjuangan mereka akan ada hasilnya, entah kapan dan akan berusaha terus selagi kesempatan masih diberikan. Kemenangan di Spain Master 2024 dipersembahkan Pitha untuk keluarga, pelatih, serta tim ganda campuran, PBSI, dan semua yang ada di balik layar.

Pitha menuturkan bahwa mereka akan fokus menjaga kesehatan karena jetlag dan menjaga pikiran karena kelelahan mengikuti lima turnamen di Eropa. Pitha juga menyebutkan bahwa tugas mereka belum selesai, masih ada Kejuaraan Asia untuk memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sektor ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani mengikuti jejak Rinov/Pitha meraih gelar juara di Spain Master 2024. Sabar/Reza mampu mengalahkan pasangan Malaysia Junaidi Arif/Roy King Yap dengan skor 21-18, 17-21, 21-19 dalam waktu 52 menit.

Sementara itu wakil Indonesia lain Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi harus puas dengan gelar runner-up setelah kalah dari wakil Jepang Rin Iwanaga/Kie Nakanishi. Ana/Tiwi harus mengakui keunggulan dari Iwanaga/Nakanishi melalui rubber game dengan skor 12-21, 21-8, 21-16 dalam waktu 64 menit.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini