Selasa, 27 Februari 2024

Oscar Piastri Raih Pole Perdana Sepanjang Karir di Formula 1 GP Qatar

Berita Terkait

Lando Norris (kiri) berbincang dengan rekan setimnya di McLaren Oscar Piastri. Piastri akan start dari pole di sprint race GP Qatar, sedangkan Norris P2. (Planet F1)

batampos – Oscar Piastri mencatatkan waktu terbaik untuk memuncaki sesi kualifikasi untuk balapan sprint atau sprint shootout untuk kali pertama dalam karirnya di Grand Prix Qatar. Ini berarti rookie dari McLaren itu memulai sprint race dari pole position.

Pembalap Australia itu mengungguli rekan setimnya di McLaren, Lando Norris, dengan selisih hanya 0,082 detik. Sementara sang juara bertahan, Max Verstappen, berada di urutan ketiga setelah waktu lap terbaiknya dianulir karena melintasi track limit.

Namun pembalap asal Belanda itu tetap berada di jalur yang tepat untuk meraih gelar juara dunia ketiganya dalam balapan sprint. Karena ia hanya perlu finis di posisi enam besar dan meraih tiga poin atau lebih untuk mempertahankan gelarnya.

“Saya senang sekali,” kata Piastri. “Itu adalah lap yang bagus. Saya melihat Lando di layar lebar melakukan kesalahan di tikungan terakhir.

“Saya sedikit kesulitan di dua bagian pertama kualifikasi, kemudian saya bisa tampil lebih baik di bagian terakhir.”

“Max akan start dari posisi ketiga, jadi dia tidak berada terlalu jauh di belakang. Kami akan mencoba yang terbaik.”

George Russell dari Mercedes berada di urutan keempat tercepat di depan duo Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc.

Nico Hulkenberg berada di urutan ketujuh untuk Haas. Di depan Sergio Perez dari Red Bull dan Fernando Alonso dari Aston Martin, yang juga harus kehilangan waktu tercepatnya karena dianulir.

Esteban Ocon melengkapi posisi 10 besar di depan rekan setimnya di Alpine, Pierre Gasly, sementara Lewis Hamilton mengalami eliminasi SQ2 yang mengejutkan di urutan ke-12. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update