MotoGP di Malaysia Dihelat Akhir Pekan Ini, Sirkuit Berubah Nama

0
39
Sirkuit Internasional Petronas Sepang di Malaysia. (F.Instagram @sepangcircuit)
Sirkuit Internasional Petronas Sepang di Malaysia. (F.Instagram @sepangcircuit)

batampos – Kabar terbaru jelang perhelatan MotoGP 2023 di Malaysia santer jadi sorotan. Arena balap andalan Negeri Jiran yakni Sirkuit Sepang kini berubah nama menjadi Sirkuit Internasional Petronas Sepang.

Nama terbaru Sirkuit Sepang ini akan dipakai selama tiga tahun ke depan. Di tahun sebelumnya, sirkuit ini dikenal dengan Sirkuit Internasional Sepang.

Dilansir dari laman Sportcal, Selasa (7/10), perusahaan gas dan minyak bumi Malaysia, Petronas telah mencapai kesepakatan terkait hak penamaan selama tiga tahun dengan pihak pengelola Sirkuit Sepang.

Selama tiga tahun ke depan, tempat tersebut akan dikenal sebagai Sirkuit Internasional Petronas Sepang, dengan Grand Prix Petronas Malaysia edisi 2023, pada seri sepeda motor MotoGP, yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 12 November.

Acara tersebut juga akan tetap bertajuk dengan Grand Prix Petronas Malaysia mulai dari edisi balapan tahun ini hingga setidaknya tahun 2024.

Ketua Pengelola Sirkuit Internasional Sepang (SIC), Azhan Shafriman Hanif mengatakan dengan perjanjian kerja sama Petronas ini dapat membuka peluang baru untuk lebih banyak agenda kelas duni di sirkuit tersebut.

“Perkembangan ini akan membuka pintu bagi peluang baru untuk menyelenggarakan lebih banyak acara kelas dunia di venue kelas dunia kami untuk Petronas sebagai salah satu pemimpin industri dalam olahraga motor melalui keterlibatannya di Formula 1. dan MotoGP,” ujar Azhan seperti dikutip JawaPos.com dari laman Sportcal pada Selasa (7/11).

Sementara itu, Manajer Hubungan Strategis dan Komunikasi Petronas, Datin Anita Azrina Abdul Aziz menyebut bahwa kerja sama ini bukan hanya sekedar penyebutan nama melainkan tanda komitmen pihaknya untuk mendorong pengembangan bakat.

“Kemitraan ini lebih dari sekedar menyebutkan nama ini menandakan dedikasi kami untuk mempromosikan acara-acara kelas dunia, mendorong pengembangan bakat, dan menampilkan kemampuan bangsa kita di bidang yang sama di panggung global,” ungkap Datin.

Perlu diketahui, perusahaan gas dan minyak bumi asal Malaysia itu termasuk sebagai pemasok bahan bakar eksklusif untuk seri balapan Moto2 hingga MotoGP.

Sementara itu, dalam hal Formula 1, Petronas memiliki kemitraan besar dengan tim kelas berat Mercedes yang secara teknis disebut Mercedes-AMG Petronas F1 hingga setelah tahun 2026.

Baik Mercedes maupun Petronas, keduanya telah menjalin kerja sama sejak pertama kali bermitra pada tahun 2010.

Perlu diingat, Sirkuit Sepang sebelumnya juga sempat menjadi tuan rumah aksi F1 pada tahun 1999 dan 2017. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini