Rabu, 24 Juli 2024

Mohamed Salah Bikin 2 Gol, Liverpool Pemuncak Klasemen Liga Premier

Berita Terkait

Mohamed Salah berselebrasi setelah mencetak gol keempat The Reds pada laga melawan Newcastle United pada Selasa (2/1) dini hari WIB. (Sumber: REUTERS/Carl Recine)

batampos – Dua gol Mohamed Salah di babak kedua membawa Liverpool memulai tahun baru berada di pemuncak klasemen Liga Premier, dengan kemenangan 4-2 atas Newcastle United Selasa (2/12) di Anfield.

Tim asuhan Jurgen Klopp kini mengoleksi 45 poin dari 20 pertandingan. Villa sebagai peringkat kedua mengumpulkan 42 poin sementara Manchester City, yang memainkan satu pertandingan lebih sedikit, berada di urutan ketiga dengan 40 poin. Newcastle berada di urutan kesembilan dengan 29 poin.

“Itu adalah pertandingan sensasional dari tim saya,” kata Klopp dikutip dari BBC, Selasa (2/1).

“Kami memulai dengan sangat intens. Permainan super. Saya menyukai banyak aspek permainan kecuali kebobolan.”

“Suasananya luar biasa. Counter-pressing bijaksana untuk sepak bola,” tambahnya.

Salah yang berusia 31 tahun, yang telah mencetak 151 gol di Liga Premier untuk Liverpool, mengganti sepatunya pada babak pertama dan peralihan itu membuahkan hasil yang besar.

Dua golnya membuatnya sejajar dengan Erling Haaland dari City sebagai pencetak gol terbanyak dengan 14 gol.

Dia adalah yang terbanyak dalam hal assist, setara dengan Ollie Watkins dari Villa dengan perolehan delapan assist.

Liverpool memulai babak kedua dengan dominasi permainan yang luar biasa, dan Salah, yang menembakkan penalti pada babak pertama dan gagal menjadikannya gol, berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-49 ketika Darwin Nunez memberikan umpan silang kepada pemain Mesir itu untuk penyelesaian jarak dekat.

Alexander Isak mencetak gol perlawanan Newcastle atas ketertinggalan tim mereka pada menit ke-54 ketika ia menerima umpan terobosan dari Anthony Gordon dan menendangnya melewati kiper Liverpool, Alisson.

Namun, Curtis Jones membawa tim tuan rumah kembali unggul pada menit ke-74 melalui umpan silang dari Diogo Jota, dan Cody Gakpo mencetak gol empat menit kemudian.

Sven Botman membalaskan satu gol untuk Newcastle pada menit ke-81 sebelum Salah, yang memainkan pertandingan terakhirnya sebelum berangkat ke Piala Afrika, mencetak gol dari titik penalti setelah Jota dilanggar oleh Dubravka untuk memastikan kemenangan pada menit ke-86.

“Pertandingan gila. Kedua belah pihak menciptakan peluang,” kata Dubravka dilansir dari Sky Sports.

“Saya ada di sana untuk mencoba membantu rekan satu tim saya. Sayangnya mereka (Liverpool) menciptakan begitu banyak peluang,” lanjutnya.

Newcastle kini telah kalah empat kali dari lima pertandingan liga terakhir mereka dan akan menghadapi juara bertahan Manchester City pada 13 Januari setelah pertemuan putaran ketiga Piala FA mereka dengan rival sengitnya Sunderland pada Sabtu (6/1). (*)

 

Reporter: JPGroup

Update