Selasa, 27 Februari 2024

Mbappe Lampaui Rekor Legenda Prancis

Berita Terkait

Mbappe mencetak dua gol saat menghadapi Belanda pada kualifikasi Euro 2024 (14/10/2023). (instagram Kylian Mbappe (@k.mbappe))

batampos – Mbappe menjadi aktor kunci di balik kemenangan Prancis atas Belanda dalam kualifikasi Euro 2024 pada Sabtu (14/10/2023).

Dua gol Mbappe berhasil membawa Les Blues menaklukkan De Oranje dan menjadi makna tersendiri bagi pemain PSG tersebut untuk menapaki diri sebagai topskor timnas Prancis.

Gol pertama Mbappe dicetak pada menit 7. Umpan Clauss dengan cepat disambar Mbappe yang berhasil membobol gawang Belanda.

Sedangkan gol kedua pemain berumur 24 tahun itu terjadi dengan indah pada menit 53.

Menerima umpan dari Rabiot, Mbappe melakukan tembakan ke sudut atas kiri gawang yang tak mampu dijangkau oleh Verbruggen.

Belanda hanya mampu membalas satu gol lewat Hartman memanfaatkan umpan Bergwijn dan menjadikan skor 1-2 untuk kemenangan Prancis.

Torehan kemenangan ini membuat Prancis kokoh di puncak klasemen grup B dengan 18 poin berjarak 6 poin dari Yunani di peringkat kedua yang mengoleksi 12 poin.

Sementara Belanda turun ke peringkat ketiga tergeser oleh Yunani yang berhasil menang atas Irlandia dengan skor 0-2.

Gol Mbappe pada laga ini membuatnya berada dalam 4 besar daftar pencetak gol terbanyak timnas Prancis.

Mbappe, kini diketahui telah melampaui rekor legenda Prancis, Michel Platini yang menorehkan 41 gol.

Lewat dua golnya ke gawang Belanda Mbappe telah mengoleksi 42 gol atau berselisih dua gol dari Antoine Griezmann yang berada di peringkat ketiga dengan 44 gol.

Mbappe berpeluang mengejar Thierry Henry yang mengoleksi 51 gol dan Olivier Giroud yang mengoleksi 54 gol.

Dengan Henry, Mbappe hanya berselisih 9 gol dan dengan Giroud terpaut 12 gol.

Namun yang menjadi catatan adalah Mbappe sedang dalam usia keemasan dalam karirnya, sedangkan Thierry Henry sudah lama pensiun.

Sementara Giroud berada di usia senja, 37 tahun dan sudah tidak menjadi pilihan utama di skuad Prancis. Pemain AC Milan itu mulai tergeser dengan penyerang yang lebih muda yakni Kolo Muani.

Dengan usia yang masih muda, 24 tahun, Mbappe sangat terbuka lebar mencetak sejarah sebagai topskor Prancis sepanjang sejarah. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update