Sabtu, 20 Juli 2024

Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Formula 1 2023 Lebih Cepat

Berita Terkait

Max Verstappen (kanan) dan team principal Red Bull Christian Horner di podium juara GP Suzuka. (BOBBY ARIFIN/JAWA POS)

batampos – Max Verstappen berjaya lagi di GP Jepang. Pembalap Red Bull tersebut meraih kemenangan ke-13 musim ini di Sirkuit Suzuka. Hasil itu sekaligus membuat Verstappen mengantarkan Red Bull mengunci gelar juara dunia konstruktor 2023. Meski, balapan musim ini masih menyisakan enam seri.

Kemenangan di Suzuka juga semakin mendekatkan Verstappen pada gelar juara dunia F1 ketiganya berturut-turut. Verstappen kini berpeluang mengunci gelar itu di balapan selanjutnya. Yakni GP Qatar pada 8 Oktober mendatang.

Hal ini tidak lepas dari poin Verstappen yang kini sudah berjarak 177 angka dari rekan setimnya, Sergio Perez, yang ada di posisi kedua. Enam balapan yang belum digelar di F1 musim ini maksimal hanya menyisakan 180 poin.

Artinya, jika Verstappen bisa menambah jarak dari Perez tiga poin saja setelah menyelesaikan balapan di Sirkuit Lusail, dia sudah akan ditahbiskan sebagai juara dunia F1 2023 pada GP Qatar.

’’Ini pekan yang luar biasa. Mobilku bekerja sangat baik. Tapi, yang paling penting dari semuanya adalah kami mengunci juara dunia konstruktor,” ucap Verstappen setelah balapan dilansir AFP.

Pembalap Belanda itu finis dominan dengan unggul sampai 19,387 detik atas pembalap McLaren Lando Norris yang meraih podium kedua. McLaren menempatkan dua pembalapnya di podium pada balapan ini, usai Oscar Piastri finis di posisi ketiga (+36,494).

’’Kami memulai balapan dengan baik. Aku hampir bisa mendapatkan Max saat itu. Tapi, Max tetap Max. Dia terus menjauh setelah itu,” ucap Norris setelah finis.

Sebaliknya, Perez malah gagal finis. Meski demikian, Christian Horner yakin pembalapnya itu akan bangkit di balapan selanjutnya. ’’Dia tetap bagian besar dari kesuksesan tim pada musim ini,” ucap Horner. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update