Sabtu, 3 Desember 2022

Masuk Skuad Jerman, Ini Pemain Termuda di Piala Dunia 2022

Berita Terkait

Striker Borussia Dortmund Youssoufa Moukoko merupakan pemain termuda di Piala Dunia 2022. Usianya saat ini belum genap 18 tahun. (INA FASSBENDER/AFP )

batampos – ”AKU tidak percaya. Tahun lalu aku menderita banyak cedera dan minim jam terbang. Semuanya kini terbayar lunas.”

Begitu bunyi caption Youssoufa Moukoko di Instagram setelah dipastikan masuk skuad Jerman ke Piala Dunia Qatar tahun ini.

Pemanggilan striker Borussia Dortmund itu diiringi dengan status pemain termuda yang disandangnya. Moukoko baru genap berusia 18 tahun bersamaan dengan kickoff Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11).

Baca Juga: Karena Piala Dunia Qatar, Barcelona Kantongi Rp 70 Miliar

Tercantumnya nama Moukoko sering dianggap sebagai keberuntungan. Dia dilirik der trainer Jerman Hansi Flick setelah striker RB Leipzig Timo Werner mengalami cedera ligamen dua pekan lalu.

Sudah beberapa tahun terakhir Jerman kekurangan striker sehingga sering bermain dengan false nine.

Hansi juga memiliki Niclas Fullkrug di posisi nomor 9. Tapi, striker Werder Bremen itu merupakan muka baru alias non-caps sama seperti Moukoko.

Baca Juga: Daftar Skuad Grup E Piala Dunia 2022: Jepang, Jerman, Kosta Rika, Spanyol

Usia Fullkrug juga sudah menapak 29 tahun. Pemanggilannya pun dianggap sebagai apresiasi karena mencetak 10 gol dari 14 penampilan di Bundesliga dan sempat memuncaki daftar pencetak gol (Torjagerkanone).

”(Membawa dua striker tanpa caps ke Piala Dunia, Red) memang bukan hal ideal. Tapi, saya percaya dengan kemampuan mereka,” ucap Hansi seperti dilansir di laman resmi DFB (PSSI-nya Jerman).

Moukoko, misalnya. Penampilannya bersama BVB –sebutan Borussia Dortmund–musim ini boleh dibilang kontributif untuk pemain seusianya. Moukoko terlibat dalam 12 gol (6 di antaranya umpan gol) dari 22 pertandingan di semua ajang.

Bahkan, Moukoko sejatinya belum diproyeksikan masuk skuad utama. Tapi, cedera yang dialami rekrutan baru, Sebastien Haller, membuat Moukoko cepat dipromosikan.

Baca Juga: Daftar Skuad Grup B Piala Dunia 2022: Amerika Serikat, Inggris, Iran, Wales

Jika menilik rekam jejaknya, Moukoko yang kelahiran Yaounde, Kamerun, itu memang sering bermain di tingkat kompetisi melebihi usianya.

Seperti ketika berumur 13 tahun atau baru direkrut BVB dari akademi St Pauli, Moukoko mampu bersaing dalam ajang Bundesliga U-17.

Hal itu berlanjut saat usianya 14 tahun dan berkiprah di Bundesliga U-19.

”Youssoufa bukan pelengkap di sana (timnas Jerman, Red). Dia terpilih yang berarti kemampuannya mendapat pengakuan,” tutur der trainer BVB Edin Terzic. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

 

 

Update