Sabtu, 1 Oktober 2022

Marquez Mengaspal Lagi di Sirkuit Misano

Berita Terkait

Batam Juara Umum Kejurprov PBSI Kepri

Guangzhou jadi Tuan Rumah World Tour Finals 2022

Nagelsmann Diminta Tepikan Gaya yang Fashionable

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez ambil bagian di tes MotoGP di Sirkuit Misano, San Marino, Italia. (6/9/2022) (Honda Racing Corporation/Antara)

batampos – Juara dunia delapan kali Marc Marquez menyelesaikan hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Misano dengan hasil positif pada Selasa, 100 hari sejak DIA menjalani operasi lengan kanannya.

Setelah rampung menggelar Grand Prix San Marino pada Minggu, Sirkuit di pesisir Laut Adriatik itu kembali disibukkan dengan deru mesin MotoGP ketika tim dan pebalap melanjutkan pengembangan motor mereka.

Marquez kembali ke atas RC213V tunggangannya untuk pertama kali sejak Grand Prix Italia akhir Mei lalu setelah terpaksa mengambil jeda dari balapan untuk melanjutkan pemulihan lengannya yang cedera.

Mendapat lampu hijau dari tim dokter untuk membalap kembali, Marquez mengemban tugas dari Honda untuk menjalani tes di Misano selama dua hari.

Menyelesaikan 39 lap sebelum jeda makan siang, Marquez mengakhiri sesi pagi dengan lap terbaik 1:32,395 yang cukup membawanya ke peringkat kesebelas atau terpaut 1,1 detik dari pebalap tercepat hari itu, Francesco Bagnaia dari tim Ducati.

“Setelah 100 hari jeda, wow, motor ini cepat,” kesan pertama Marquez dalam laman resmi tim. “Rasanya sama seperti ketika Anda tiba untuk pertama kali tes setelah musim dingin, perlu sedikit waktu untuk beradaptasi,” urainya

“Sedikit demi sedikit saya merasa lebih cepat dan lebih nyaman, tapi saya perlu bekerja lebih lagi untuk mendapatkan kekuatan dalam jangka panjang. Saya mencoba sejumlah komponen untuk Honda setelah beberapa kali melaju. Honda bekerja keras,” tambah pembalap asal Spanyol tersebut.

Meski demikian, lap time bukan fokus Marquez yang mengendarai motor Honda berwarna hitam dilengkapi dengan air intake baru, aero dan “downwash duct” di fairing sampingnya, mirip yang digunakan Ducati beberapa musim terakhir ini.

Laman resmi MotoGP menyebut downwash duct itu diyakini berfungsi menciptakan ground effect ketika motor menikung dan membantu agar lebih stabil dan mendapat grip lebih banyak.

“Target kami hari ini bukan catatan waktu, tapi melakukan 40 putaran dan memahami situasi kami. Kami memutuskan untuk berhenti lebih dini dan membalap lagi besok,” kata Marquez yang bakal berlatih dengan fisioterapis pada malam harinya untuk membantu pemulihan lengannya.

Sementara itu, rekan satu tim Marquez, Pol Espargaro mencatatkan waktu 1:31,707 di sesi tes siang. Masih merasakan sakit di lengan kanannya akibat terjatuh di balapan Minggu, Espargaro mampu menyelesaikan 50 putaran hari ini menguji sejumlah opsi setting motornya. Tes Misano akan dirampungkan pada Rabu (7/9) sebelum tim bersiap untuk balapan berikutnya di Aragon pekan depan. (*)

 

 

Reporter: Antara

Update