Kamis, 27 Januari 2022

Marquez Absen Dalam Peluncuran Tim MotoGP 2022

Berita Terkait

Marc Marquez mengunggah foto latihan untuk kali pertama di Instagram. (INSTAGRAM)

batampos – Honda bakal menggelar perkenalan tim secara virtual untuk MotoGP 2022 pada Jumat (14/1) mendatang.

Namun, mereka memastikan acara tersebut tidak akan dihadiri pembalap andalan mereka Marc Marquez.

Media Jerman Speedweek melaporkan kabar tersebut kemarin (11/1) setelah mendapat konfirmasi dari Honda Racing Corporation (HRC).

”Dia (Marquez, Red) masih akan fokus pada pemulihan cedera dan persiapan menjalani tes pra musim,” tulis Speedweek dalam laporannya merujuk keterangan HRC.

Keputusan tersebut sekaligus membuat kemungkinan Marquez turun di balapan awal musim MotoGP 2022 makin tipis. Apalagi, Honda sendiri sampai saat ini irit bicara terkait kondisi terkini kesehatan pembalapnya tersebut.

Akhir Oktober lalu, pembalap Spanyol itu mengalami kecelakaan dalam latihan. Dia lantas dikabarkan mengalami masalah penglihatan yakni diplopia (pandangan ganda) yang membuatnya absen di dua balapan terakhir musim lalu.

Alhasil, kesiapan juara MotoGP enam kali itu untuk ambil bagian di rentetan tes pra musim MotoGP 2022 juga diragukan.

Meski demikian, secara terpisah dalam wawancara dengan media Spanyol, Team Manager Repsol Honda Alberto Puig mengaku sampai saat ini timnya tidak menyiapkan opsi memulai awal musim 2022 tanpa Marquez.

Acara pra musim MotoGP sendiri dimulai pada 31 Januari mendatang di Sepang, Malaysia. Untuk sesi awal, MotoGP menggelar shakedown test di Sepang pada 31 Januari sampai 2 Februari mendatang.

Selanjutnya, akan diadakan tes pra musim pertama pada 5–6 Februari di lokasi yang sama.

Tes pra musim kedua bakal diadakan di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari. Setelah itu, MotoGP langsung menggelar balapan pertama, yakni GP Qatar pada 4–6 Maret.

Karena absennya Marquez, hanya akan ada tiga pembalap Honda dari tim pabrikan dan satelit mereka yang ambil bagian di acara launching tersebut.

Mereka adalah Pol Espargaro (Repsol Honda), Alex Marquez (LCR Honda), dan Takaaki Nakagami (LCR Honda).

Meski demikian Marquez beberapa hari lalu mengunggah foto sudah mulai berlatih fisik dengan berlari bersama anjingnya. Belum diketahui dia mulai berlatih mengendarai motor. (*)

Reporter: JPGroup

Update