Minggu, 14 Agustus 2022

Manchester City Gasak Leeds dengan Tujuh Gol Tanpa Balas

Berita Terkait

Arsenal Menang 4-2 atas Leicester City

Xavi Targetkan Barcelona Juara Liga Spanyol

Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne (kanan) melakukan selebrasi bersama Phil Foden seusai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (14/12) waktu setempat. (Phil Noble/Reuters/Antara)

batampos – Manchester City memberondong gawang Leeds United dengan tujuh gol tanpa balas untuk membukukan kemenangan 7-0 atas tamunya itu dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Etihad, Selasa (14/12) waktu setempat (Rabu WIB).

Kevin De Bruyne menyumbangkan dua dari tujuh gol kemenangan City di laga kali ini. Phil Foden, Jack Grealish, Riyad Mahrez, John Stones, dan Nathan Ake masing-masing mencetak satu gol.

Kemenangan itu memantapkan posisi City di puncak klasemen. Sang juara bertahan mengoleksi 41 poin menciptakan jarak empat poin atas Liverpool yang baru main dua hari berselang.

Sedangkan Leeds, yang menelan dua kekalahan beruntun dalam rentetan tiga laga tanpa menang, melorot ke urutan ke-16 dengan 16 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris seperti dilansir dari Antara.

Foden membuka keunggulan tuan rumah hanya delapan menit setelah sepak mula memanfaatkan bola liar upaya kiper Illan Meslier menutup ruang tembak Rodri Hernndez. Gol itu sekaligus menandai gol ke-500 City era Pep Guardiola. Kemenangan itu membuatnya sebagai pelatih tercepat yang mencapai angka tersebut di Liga Premier, hanya dalam 207 pertandingan melampaui Juergen Klopp yang membutuhkan 234 laga.

Lima menit berselang, Grealish menggandakan keunggulan City saat pemain termahal Liga Inggris itu menanduk umpan silang kiriman Mahrez. Lantas pada menit ke-32 giliran De Bruyne yang mencetak gol dengan sepakan keras menyambut umpan terobosan dari Rodri untuk membuat City memimpin 3-0 hingga turun minum.

Empat menit memasuki babak kedua, Mahrez mencetak gol keempat City. Dia melakukan aksi tusukan sebelum melepaskan tembakan yang sempat berbelok terkena badan Junior Firpo sehingga mengecoh Meslier.

De Bruyne mencetak gol kedunya pada menit ke-62 untuk mengubah kedudukan jadi 5-0 untuk City. tembakan keras jarak jauhnya menghujam ke langit-langit gawang Leeds.

Keunggulan City kian tegas pada menit ke-74 ketika Stones memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Aymeric Laporte sebelum memperdaya Meslier dari jarak dekat. Empat menit kemudian, Ake mencetak gol ketujuh City dengan menyundul umpan sepak pojok kiriman Foden dan skor 7-0 itu bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya City akan bertandang ke St. James’ Park menghadapi klub terkaya Inggris saat ini, Newcastle United, pada Minggu (19/12), sedangkan Leeds sehari sebelumnya menjamu Arsenal di Elland Road. (*)

Reporter: Antara

Update