Liverpool Letakkan Satu Kaki di Perempat Final Liga Europa

0
15
Darwin Nunez merayakan gol yang dicetaknya kala Liverpool jumpa Bournemouth di Carabao Cup. (X/@Darwinn99)
Darwin Nunez merayakan gol yang dicetaknya untuk Liverpool. (X/@Darwinn99)

batampos – Liverpool meletakkan satu kakinya ke perempat final Liga Europa setelah memukul tuan rumah Sparta Praha dengan skor 5-1, pada pertandingan leg pertama 16 besar di Epet Arena, Praha, Jumat (8/3) dini hari WIB ini.

Dikutip dari Antara, kemenangan besar itu membuat tugas Liverpool pada leg kedua di Anfield pada 14 Maret menjadi sangat ringan, karena sudah unggul empat gol, demikian catatan laman UEFA.

Tim tamu Liverpool yang menggebrak sejak awal mencatat peluang melalui Darwin Nunez, namun sepakan pemain Uruguay itu terlalu lemah sehingga dapat disapu sebelum melewati garis gawang.

Pada menit keenam, wasit memberikan hadiah penalti kepada Liverpool akibat pelanggaran Asger Sorensen terhadap Alexis Mac Allister.

Mac Allister yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan menendang bola ke sudut kiri bawah gawang Sparta yang gagal dihentikan kiper lawan. 1-0 untuk Liverpool.

Setelah kemasukan, Sparta memiliki dua peluang bagus yang keduanya digagalkan oleh kiper Caoimhin Kelleher. Pertama saat Lukas Haraslin melepaskan sepakan yang harus diantisipasi kiper muda itu, kemudian saat Kelleher menangkap bola tendangan sudut yang diteruskan dengan sundulan pemain lawan.

Justru Nunez yang menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-25 dengan melepaskan sepakan melengkung yang mengejutkan kiper Sparta Peter Jensen sebelum masuk gawang tuan rumah.

Pada menit ke-45+3, Nunez memasukkan gol keduanya untuk Liverpool. Bola kiriman Mac Allister diterima Nunez yang membiarkannya memantul beberapa kali, sebelum melepaskan sepakan keras dari tepi kotak penalti dan masuk gawang Sparta. 3-0 untuk Liverpool menutup babak pertama.

Asa Sparta untuk bangkit sempat tumbuh pada menit ke-46 ketika bola sapuan pemain pengganti Connor Bradley, justru membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Pada menit ke-53, Liverpool memulihkan keunggulan tiga golnya. Bradley yang bergerak maju mengirimkan umpan kepada Harvey Elliot, yang menyodorkannya kepada Luis Diaz. Pemain Kolombia itu melepaskan tembakan yang sempat membentur pemain lawan dan mengecoh kiper Sparta.

Mohamed Salah yang masuk menggantikan Diaz pada menit ke-74 menciptakan gol pada menit ke-84. Menerima operan dari Dominick Szoboszlai, sepakannya tanpa mengontrol bola melesak masuk gawang tuan rumah. Namun golnya tidak disahkan karena offside.

Gol kelima Liverpool tetap tercipta ketika pada menit ke-94. Szoboszlai yang menguasai bola setelah Angelo Preciado melakukan kesalahan, melepaskan tembakan akurat dari tepi kotak penalti untuk mengunci kemenangan meyakinkan tim tamu. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini