Lionel Messi Terpilih sebagai Pemain Terbaik FIFA 2023

0
39
Messi resmi menjadi pemain pria terbaik Fifa 2023. (Sumber Foto: x@fifa)
Messi resmi menjadi pemain pria terbaik Fifa 2023. (Sumber Foto: x@fifa)

batampos – Lionel Messi lagi-lagi terpilih menjadi pemain pria terbaik FIFA 2023. Messi menerima penghargaan ini untuk ketiga kalinya.

Dilansir dari FanNation Futbol, hasil ini mampu mengalahkan Haaland dan juga Mbappe dalam satu nominasi yang sama.

Diketahui sebelumnya FIFA telah mengumumkan 12 kategori penghargaan yang akan diberikan untuk pelaku industri sepak bola dunia.

Salah satuhnya adalah ada kategori Men’s Best Player FIFA 2023, dalam kategori ini ada tiga pemain bintang yang mengisi diantaranya adalah Lionel Messi, Erling Haaland dan juga Kylian Mbappe.

Upacara pemberian penghargaan itu dilaksanakan di London pada Senin 15 Januari 2024 atau kemarin.

FIFA mengungkapkan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk untuk menghormati para anggota yang luar biasa di industri olahraga yang paling popular di dunia yaitu sepak bola.

Dalam upacara pemberian penghargaan itu, dikonfirmasi Lionel Messi kembali terpilih menjadi Men’s Best Player 2023, poin pemunguntan suara yang didapatkan oleh Messi lebih banyak dari kedua finalis lainnya yaitu Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Dalam hasil pemungutan suara, sempat terjadi poin yang sama antara Messi dan juga Haaland. Diketahui Messi dan Haaland mendapat skor sama yaitu 48 poin sedangkan Mbappe mendapatkan 35 poin.

Skor pemungutan ini kemudian diambil sesuai dengan aturan pasal 12 mengenai alokasi yang akhirnya diputuskan berdasarkan vote jumlah skor tertinggi yang diberikan oleh kapten tim nasional putra.

Diketahui Voting tersebut dilakukan berdasakan voting terhadap beberapa pelaku potensial di sepak bola diantanya Kapten tim nasional putra, pelatih, media dan juga fans.

Berdasarkan skor yang diberikan oleh kapten tim nasional, messi memiliki skor tertinggi dari pada Haaland. Hal ini diputuskan Messi sebagai pemenangnya.

Penilaian terhadap Penghargaan Terbaik itu juga didasarkan pada kinerja seseorang selama satu tahun kalender dan tidak sama seperti Balon D’or yang sistem penilaianya di dasarkan pada prestasi yang di dapat selam satu musim.

Diketahui, untuk kategori penghargaan pemain pria FIFA terbaik ini kriteria seleksinya yaitu dihitung dari pencapaian yang telah didapatkan selama periode 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023.

Pemain berusia 36 tahun itu sebelumnya telah mencatatkan menerima penghargaan yang sama di tahun 2019 dan juga 2022.

Dengan diterimanya kembali penghargaan itu di tahun 2023 menjadikan pelengkap gelarnya sebagai pemain sepak bola satu-satunya yang telah memenangkan penghargaan itu sebanyak tiga kali.

Namun, dalam upacara pemberian penghargaan tersebut, pemain Argentina itu tidak bisa hadir dikarenakan ia harus ikut dalam persiapan klubnya, Inter Miami untuk menghadapi El Savador dalam laga persahabatan pra-musim di hari Jumat nanti. (*)

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini