Sabtu, 1 Oktober 2022

Liga Batam Digelar Akhir Pekan Nanti, Askot PSSI Batam Gelar Lima Agenda

Berita Terkait

Batam Juara Umum Kejurprov PBSI Kepri

Guangzhou jadi Tuan Rumah World Tour Finals 2022

Nagelsmann Diminta Tepikan Gaya yang Fashionable

 

batampos – Askot PSSI Batam menggelar jumpa pers di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Batam, Minggu (11/9). Ini terkait dengan agenda kegiatan Askot PSSI Batam Tahun 2022.

Ketua Askot PSSI Batam Ides Madri didampingi Exco dan pengurus menjelaskan rangkaian program Tahun 2022 saat jumpa pers di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Batam, Minggu (11/9/2022). (F. Ryan Agung/Batam Pos)

Ketua Askot PSSI Batam Ides Madri mengatakan lima kegiatan dicanangkan Askot PSSI Batam. Yakni Liga Futsal, Liga Batam, Festival Usia Dini, Pelatihan Pelatih Lisensi D, dan Pelatihan Wasit Lisensi C3.

“Total anggaran sebesar Rp 350 juta yang berasal dari dana hibah,” kata Ides, Minggu (11/9).

Program kerja pertama yang digelar oleh Askot PSSI Batam adalah Liga Futsal U-21. Kompetisi ini digelar Agustus lalu, di Sport Hill, Taman Raya, Batam.

“Diikuti sebanyak 16 tim, digelar selama dua hari, 20-21 Agustus. Kompetisi ini dimenangi oleh Nelson Selection FC setelah mengalahkan Siix FC dengan skor 4-0,” urai Ides.

Gelaran kedua yang dilaksanakan oleh Askot PSSI Batam adalah Liga Batam. Ides menerangkan kompetisi ini akan digelar mulai 18 September hingga 30 Oktober.

“Turnamen ini digelar di Temenggung Abdul Jamal, menggunakan format setengah kompetisi, dan terbuka untuk umum,” katanya.

Sebanyak 14 tim menjadi peserta kompetisi ini. “Klub binaan Askot PSSI Batam sebenarnya berjumlah 22. Tapi yang yang siap mengikuti kejuaraan hanya 14 tim,” kata Petua panitia pelaksana M Aliuddin.

Ia juga menerangkan jika peserta nantinya akan dibagi menjadi tiga grup. “Tiga terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak selanjutnya,” urai Alliudin.

“Final akan digelar pada 30 Oktober nanti,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Askot PSSI Batam, Yudi Chandra, mengatakan tiga agenda lain yang akan digelar oleh PSSI adalah Festival Usia Dini, pelatihan Pelatih Level D, dan Pelatihan Wasit C3. “Festival Usia dini akan menghadirkan turnamen U10 dan U12,” urainya.

“Kompetisi ini akan digelar usai Liga Batam, tepatnya pada November mendatang, bertempat di Stadion Temenggung Abdul Jamal,” katanya.

Sedang dua kegiatan lainnya, kata Yudi, dimaksudkan untuk meningkatkan SDM insan sepakbola Batam. “Pelatihan wasit C3, dmaksudkan sebagai ajang regenerasi wasit yang ada di Batam. Batam baru memiliki 30 wasit c1, c2, dan C3,” ungkapnya.

Sedang kursus pelatih lisensi Dsedianya akan digelar November mendatang. “Kegiatan akan dilaksanakan di Asrama Haji selama 5-6 hari,” katanya.

“Target peserta adalah pelatih baru dari klub-klub di Batam. Juga membuka peluang peserta dari Kepri.
Harapannya bisa menggelar pelatihan Lisensi C ke depan,” tutur Yudi.

Terkait persiapan Porprov, Askot PSSI Batam tengah melakukan seleksi atlet dan pemain. “Untuk sepakbola, seleksi atlet dan pemain dilakukan secara terbuka,” kata Ides.

“Minggu (11/9) sebanyak tiga pelatih mengikuti fit and proper test untuk bisa menjadi pelatih sepakbola Kota Batam,” tambahnya.

Sementara itu, untuk futsal, pelatih diambil dari empat klub semifinalis Liga Futsal U21 lalu. “Demikian juga dengan pemainnya diambil dari gelaran Liga Futsal,” terang Ides.

“Dalam gelaran Liga Futsal U21 lalu, kami telah mengitim talentscouting untuk menentukan atlet terbaik yang bisa memperkuat tim futsal Kota Batam, putra dan putri,” tegas Ides.

Ia juga meminta doa dan dukungan masyarakat Batam agar gelaran Askot PSSI Batam bisa berjalan dengan lancar. “Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Batam. Supaya bisa berhasil dan bermanfaat,” tutup Ides. (*)

 

 

Reporter: RYAN AGUNG

Update