Minggu, 14 Agustus 2022

Liga 1 Putri Bakal Digelar Agustus 2022

Berita Terkait

Arsenal Menang 4-2 atas Leicester City

Xavi Targetkan Barcelona Juara Liga Spanyol

Nadalsyah (tengah) terpilih sebagai ketua umum ASBWI periode 2021–2025. (Rizky Ahmad Fauzi/Jawa Pos)

batampos – Nadalsyah terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) periode 2021–2025 pada kongres yang dilangsungkan di Hotel Kimaya, Slipi, Jakarta Barat, kemarin. Pria yang menjabat sebagai bupati Barito Utara itu terpilih secara aklamasi.

Sebagai ketua, Nadalsyah sudah memiliki beberapa program. Di antaranya, menyiapkan timnas wanita untuk berlaga dalam Piala Asia Wanita di India pada Januari 2022. Terdekat, TC yang diikuti 40 pemain dilaksanakan pada 12–30 Desember di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Kedua, ASBWI juga bersiap menjadi tuan rumah Piala AFF 2023. ”Ini mungkin persiapannya agak lama karena tidak mudah menyiapkan timnas kita. Ini akan kami siapkan jauh-jauh hari,” ujarnya saat diwawancarai awak media.

Nadalsyah menuturkan, untuk mendapatkan pemain terbaik, minimal tim menjalani TC selama satu tahun yang keseluruhan pemain nanti direkrut dari 34 provinsi. Dalam merekrut pemain, dia berjanji tidak ada sistem kekeluargaan atau titipan.

”Kami butuh pemain ber-skill. Kami pilih minimal 60 orang yang akan TC. Mereka akan dipertahankan sampai 2023 mengikuti AFF,” ucapnya.

Selain itu, beberapa program lain bakal dijalankan. Misalnya, Piala Pertiwi yang dimulai pada 13 Februari 2022. ”Ini program sebelumnya. Jadi, tidak ada kegiatan turnamen kemarin karena pandemi. Semoga saja pada 2022 memang betul-betul kami lakukan pada 13 Februari nanti,” katanya.

Komite Eksekutif ASBWI Hatir Sata Tarigan menambahkan, soal Liga 1 Putri, pihaknya masih menunggu kepastian dari PSSI.

”Sekjen menyampaikan akan memberikan mandat untuk menyelenggarakan kompetisi ini. Kami tunggu surat mandat itu. Kami akan laksanakan sekitar Agustus 2022. Kami tunggu mandat itu,” sebutnya. (*)

Reporter: JPGroup

Update