Lifter Rahmat Erwin Abdullah Cetak Rekor Dunia, Bawa Pulang Medali Emas Kejuaraan Dunia

0
59
Rahmat Erwin Abdullah saat melakukan angkatan seberat 200 kg. (IWF)
Rahmat Erwin Abdullah saat melakukan angkatan seberat 200 kg. (IWF)

batampos – Lifter Rahmat Erwin Abdullah mengukir sejarah di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023 pada kelas 81 kilogram (kg) di Riyadh, Arab Saudi. Putra dari Erwin Abdullah itu memecahkan rekor dunia clean & jerk.

Dia berhasil mengangkat beban seberat 209 kg. Rahmat merebut rekor milik Nasar Karlos May Hasan. Lifter 19 tahun asal Bulgaria tersebut menorehkan catatan 208 kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021.

Upaya Rahmat memecahkan rekor itu terbilang meyakinkan. Lifter kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000, tersebut memulainya dengan angkatan seberat 195 kg. Dia lalu menambah beban seberat 5 kg menjadi 200 kg pada angkatan kedua dan berhasil.

Sebelumnya, pada angkatan snatch, Rahmat mampu mengangkat beban 145 kg. Angkatan itu dilakukan olehnya pada kesempatan pertama serta memilih melewatkan percobaan kedua dan ketiga. Secara keseluruhan, Rahmat mampu mengangkat total angkatan 354 kg.

Peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 di kelas 73 kg itu pun menjadi yang terbaik di grup B Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023 kelas 81 kg.

Sementara untuk hasil akhir, Rahmat pada akhirnya berhasil menyabet emas di jenis angkatan clean & jerk. Itu didapat setelah para pesaingnya yang bercokol di grup A hanya mampu mengangkat barbel di bawah beban yang diangkat olehnya.

Seperti Andreev Bozhidar (Bulgaria) yang harus puas meraih perak karena hanya mampu mengangkat beban 195 kg. Sedangkan peraih perunggu lifter Turkmenistan Torayev Gaygysyz hanya mampu mengangkat seberat 193 kg di jenis angkatan clean & jerk.

Selain emas, Rahmat berhasil membawa pulang perak dari total angkatan seberat 354 kg. Emas untuk kategori ini diraih lifter Italia Reyes Martinez Oscar (356 kg), sedangkan perunggu diperoleh lifter Uzbekistan Toshtemirov M. (352 kg).

Keberhasilan Rahmat ini terbilang luar biasa. Dia kini menjadi lifter yang mampu mencatatkan namanya sebagai pemegang rekor clean & jerk di dua kelas. Rahmat hingga saat ini masih memegang rekor dunia jenis angkatan tersebut di kelas 73 kg.

”Luar biasa. Ia adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia angkatan clean & jerk di dua kelas yang berbeda (73 kg dan 81 kg). Maka, ia pantas mendapat julukan The King of Clean and Jerk,” papar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Hadi Wihardja.

Selanjutnya, Rahmat akan tampil di Asian Games 2022 pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang di Hangzhou, Tiongkok. Dia diturunkan di kelas andalannya, 73 kg. ”Saya optimistis dia mampu membawa medali di Asian Games nanti. Walaupun harus berlaga di Kandang Naga,” ungkapnya. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini