Selasa, 27 Februari 2024

Lewis Hamilton Tinggalkan Mercedes Setelah 11 Tahun, Berlabuh di Ferrari

Berita Terkait

Lewis Hamilton yang mengenakan tindik di hidung dan telinga kanan. (Motorsport.com)

batampos – Ferrari melalui media sosialnya secara resmi umumkan bahwa Lewis Hamilton bergabung dengan Tim Kuda Jingkrak pada tahun 2025, Jumat (2/2).

“Scuderia Ferrari dengan senang hati mengumumkan bahwa Lewis Hamilton akan bergabung dengan tim pada tahun 2025, dengan kontrak multi-tahun,” tulis Ferrari dalam pernyataanya.

Kepergian Hamilton ini menandai tergesernya posisi Carlos Sainz di Ferrari, Sainz diketahui masih memiliki kontrak bersama Ferrari hingga 2024. Dalam peryataanya Ferrari menuliskan “kami masih punya satu musim lagi untuk memberikan semuanya bersama @carlossainz55.”

Sedangkan Lewis nantinya akan menjadi patner dari Charles Leclerc yang telah melakukan perpanjangan kontrak jangka panjang bersama Ferrari.

Kontrak Hamilton di Mercedes akan berakhir pada akhir tahun 2025 tetapi dia meninggalkan tim setelah musim 2024 ini. Tim Mercedes dalam peryataanya menuliskan “Lewis Hamilton akan berpisah diakhir musim 2024.”

Lebih lanjut Mercedes mengatakan bahwa Lewis telah mengaktifkan opsi klausal rilis dalam kontrak yang telah diumumkan tahun lalu yang mengisyaratkan kepergianya dari tim berjuluk Silver Arrows itu saat musim 2024 berakhir.

Langkah ini mengakhiri kemitraan luar biasanya dengan Mercedes yang telah memenangkan enam gelar dunia antara 2014 hingga 2020. Hamilton memenangkan kejuaraan dunia pertamanya saat masih bersama Mc Laren pada 2008 dan pada 2012 pindah untuk bergabung bersama Mercedes.

Juara dunia tujuh kali itu merupakan pembalap paling sukses dalam Sejarah F1 dengan 103 kemenangan dan 104 posisi terdepan.

Dikutip dari Sky News, Dalam sebuah peryataan Hamilton mengungkapkan bahwa dia akan ‘selamanya berterimakasih’ atas ‘dukungan luar biasa’ selama dia berada di Mercedes dan persahabatan serta kepemimpinan Toto Wolf.

“Saya telah memiliki 11 tahun yang luar biasa dengan tim ini dan saya sangat bangga denga napa yang telah kamu capai bersama,”ucap pembalap berusia 39 tahun itu

“Mercedes telah menjadi bagian dari hidup saya sejak berusia 13 tahun, ini merupakan tempat dimana saya tumbuh menjadi dewasa, membuat sebuah Keputusan untuk pergi merupakan salah satu Keputusan tersulit yang pernah saya buat,” tambahnya.

Lewis juga ungkapkan komitmenya untuk menjalani musim terakhirnya bersama Mercedes dengan baik “saya 100% berkomitmen untuk berikan kinerja terbaik yang saya bisa untuk musim ini Dimana menjadi musim terakhir saya dengan Silver Arrows.”

Bos Mercedes Toto Wolf mengatakan bahwa Hamilton telah menjadi bagian dari Sejarah penting bagi Mercedes “Lewis akan menjadi bagian dari Sejarah penting Mercedes di MotorSport, kami menerima Keputusan Lewis untuk mencari tantangan baru, tetapi saat ini kami masih memiliki satu musim lagi dan fokus melakukan balapan untuk memberikan yang terbaik di 2024.”

Musim F1 2024 akan baru dimulai pada Grand Prix Bahrain dari 29 Februari hingga 2 Maret, musim 2024 akan berjalan dengan 24 seri balap dan diakhiri di Grand Prix Abu Dhabi pada Desember 2024. (*)

 

SourceJPGroup

Update