Rabu, 24 Juli 2024

Lewat Adu Penalti Prancis Melaju ke Semifinal Euro 2024

Berita Terkait

Para pemain timnas Prancis merayakan kemenangan atas Portugal pada perempat final Piala Eropa 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Jumat (5/7). (Angelos Tzortzinis/AFP/Antara)

batampos – Prancis menang adu penalti 5-3 atas Portugal pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2024 di Stadion Volkspark, Hamburg, Jumat setempat atau Sabtu (7/7) dini hari WIB.

Dilansir dari Antara, kemenangan itu membuat Prancis akan menghadapi Spanyol di semifinal. Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Spanyol mendepak tuan rumah Jerman dengan kemenangan 2-1.

Pertandingan selama 2 x 45 menit dan 2 x 15 menit berlangsung cukup membosankan. Kedua tim kesulitan menciptakan peluang bersih. Theo Hernandez kemudian mencetak gol penentu kemenangan ketika Prancis sukses mengeksekusi semua kesempatan penalti mereka. Sedangkan Joao Felix menjadi satu-satunya pemain Portugal yang gagal menunaikan tugas sebagai algojo penalti.

Kylian Mbappe telah meninggalkan lapangan saat adu penalti dilakukan. Dia digantikan Bardley Barcola pada pertengahan perpanjangan waktu.

Barcola, Ousmane Dembele, Youssouf Fofana, dan Jules Kounde, sukses mengeksekusi tendangan penalti untuk Prancis.

Mbappe menjalani malam yang membuat frustrasi ketika dia terus berusaha menampilkan permainan terbaiknya di kompetisi itu. Mbappe masih akan mendapat kesempatan untuk bersinar di semifinal, ketika Cristiano Ronaldo kemungkinan besar menjalani penampilan terakhirnya di Piala Eropa.

Ronaldo berhasil menjalankan tugas sebagai algojo penalti. Tapi Portugal asuhan Roberto Martinez terdepak akibat gagal mencetak gol dalam waktu total enam jam. Mereka menang adu penalti atas Slovenia pada 16 besar setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal. Kali ini, mereka mendapatkan hasil mengecewakan di Hamburg.

Kedua tim gagal memperlihatkan potensi terbaiknya pada pertandingan-pertandingan sebelumnya di turnamen.

Randal Kolo Muani tampil sebagai pemain utama setelah berhasil memaksakan gol bunuh diri Belgia pada pertandingan putaran sebelumnya. Eduardo Camavinga juga dimainkan sebagai pemain utama, untuk menggantikan Adrien Rabiot di lini tengah. Sedangkan Antoine Griezmann mengisi peran nomor sepuluh di belakang Kolo Muani dan Mbappe.

Prancis terlihat lebih banyak bertahan dan menunggu. Mereka juga kesulitan menciptakan peluang nyata saat sedang menguasai bola.

Portugal mulai menimbulkan masalah ketika para pemain cepat mereka memasuki kotak penalti dari lini tengah. Pertama ketika Bruno Fernandes melepaskan tembakan yang digagalkan kiper Mike Maignan.

Sedangkan Vitinha mencoba peruntungan saat dia berusaha menjangkau umpan silang mendatar Rafael Leao. Maignan berhasil menahan tembakannya dan bereaksi cepat untuk mencegah Ronaldo menyambar bola dari jarak dekat.

Les Bleus merespons ketika Kolo Muani memainkan operan satu-dua dengan Kounde, sebelum Ruben Dias melakukan intersep untuk menggagalkan serangan.

Pelatih Prancis Didier Deschamps kemudian menarik Antoine Griezmann dan memasukkan Dembele. Tidak membuang waktu memberikan umpan kepada Camavinga yang diteruskan sepakan melebar.

Setelah itu, pertandingan mulai terlihat akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Ronaldo membuang peluang bagus dari umpan tarik pemain pengganti Francisco Conceicao.

Adu penalti kemudian berakhir ketika Portugal meninggalkan Volksparkstadion, saat eksekusi Joao Felix membentur tiang gawang. Kiper Portugal Diogo Costa menggagalkan tiga penalti Slovenia pada putaran sebelumnya, gagal menghentikan satupun eksekusi penalti kali ini. (*)

SourceJPGroup

Update