Selasa, 27 Februari 2024

Lawan Thailand di Final SEA Games, Peluang Indonesia Mengulang Sejarah

Berita Terkait

Komang Teguh Trisnanda Putra (4) merayakan golnya ke gawang Vietnam di Olympic Stadium, Sabtu (13/5). Timnas Indonesia U-22 akan bertemu Thailand U-22 di final sepak bola SEA Games, Selasa (16/5). (PSSI)

batampos – Thailand U-22 menjadi lawan timnas Indonesia U-22 di final sepak bola SEA Games 2023. Kepastian itu diperoleh setelah Negeri Gajah Putih mencukur Myanmar U-22, 3-0, di Olympic Stadium, Sabtu (13/5).

Thailand U-22 memang terlalu kuat saat menghadapi Myanmar U-22. Terbukti, skuad asuhan Issara Sritaro itu melumat Myanmar tiga gol tanpa balas melalui Teerasak Phoeiphimai (37), Leon Pitchaya James (85), dan Anan Yodsangwal (90+7).

Pertemuan antara Indonesia kontra Thailand tentu saja menjadi partai final ideal, apalagi kedua tim memang menunjukkan kelasnya sepanjang penyelenggaraan SEA Games tahun ini. Keduanya tak pernah menuai kekalahan sejak menjalani fase penyisihan grup.

Baca Juga: Sabet Emas SEA Games 2023, Tim Basket Putri Indonesia Cetak Sejarah

Artinya, pertandingan final yang bakal diselenggarakan di Olympic Stadium, Kamboja, Selasa (16/5), diyakini bakal berlangsung sengit sekaligus ngotot untuk sekeping emas.

Namun, bukan sekeping emas biasa, khususnya bagi Indonesia yang telah menanti itu selama kurun 32 tahun. Uniknya, emas pertama Indonesia pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina, itu tercipta usai mengalahkan Thailand melalui drama penalti 4-3 (0-0).

Jika menoleh sejarah ke belakang, tepatnya di SEA Games 1991, Indonesia membawa pulang emas setelah menang penalti. Empat penendang Indonesia saat itu, Ferril Hattu, Heriansyah, Yusuf Ekodono, Sudirman menjalankan tugasnya dengan sempura.

Baca Juga: Takluk di Kandang Spezia, AC Milan Gagal Naik ke Posisi Empat

Hanya Widodo Cahyono Putro dan Maman Suryaman yang mengalami kegagalan. Beruntung tiga algojo Thailand juga gagal, yang membuat Indonesia berhak atas emas.

Sejarah Pertemuan di Final SEA Games

Pertemuan timnas Indonesia kontra Thailand sudah tak terhitung jumlahnya. Namun, jika mengerucut kepada pertemuan di final SEA Games, maka keduanya baru tiga kali bertemu.

Selain final SEA Games 1991 di Manila, mereka juga bertemu di final SEA Games 1997 di Jakarta. Thailand saat itu keluar sebagai pemenang setelah menang drama adu penalti 4-2 (1-1).

Satu pertemuan lainnya terjadi di final SEA Games 2013 di Myanmar. Thailand saat itu menang tipis 1-0 berkat gol Sarawut. Itu berarti Thailand masih mendominasi pertemuan atas Indonesia, yakni 2 banding 1.

Baca Juga: Menangkan Laga Pekan ke-35, Inter Terus Bersaing Amankan Empat Besar

Walau begitu, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri diyakini tak mau mengalah saat ini. Selain skuad lebih matang, keinginan kembali meraih emas SEA Games sudah telanjur ditanam di dalam hati paling dalam Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Tak ada alasan lagi Garuda Nusantara membuang kesempatan ini, walau mendapatkan emas sepenuhnya menjadi takdir Tuhan. Kita kini hanya bisa mendoakan agar timnas Indonesia U-22 bisa menuntaskan misinya membawa pulang sekeping emas dari Kamboja. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

 

Update