Sabtu, 20 Agustus 2022

Latihan PSG Serasa Pertandingan

Berita Terkait

Fans cilik Paris Saint-Germain berdiri di balik banner bertulisan kecintaan terhadap trisula Lionel Messi (nomor punggung 30), Neymar Jr (nomor punggung 10), dan Kylian Mbappe (nomor punggung 7) di Panasonic Stadium Suita kemarin. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP )

batampos – Paris Saint-Germain (PSG) mengakhiri tur pramusim mereka di Jepang setelah laga melawan Gamba Osaka kemarin (25/7).

Selama sepekan di Negeri Matahari Terbit, banyak momen yang menunjukkan antusiasme fans di sana terhadap para pemain PSG.

Lihat saja sehari sebelum PSG menghadapi Gamba atau pada Minggu (24/7). Sebanyak 20 ribu penonton memadati tribun Panasonic Stadium Suita hanya untuk menyaksikan Kylian Mbappe, Neymar Jr, dan Lionel Messi berlatih.

Separo dari kapasitas stadion penuh. ’’Latihan yang mirip pertandingan,’’ tulis Le Parisien.

Bukan hanya di Osaka. Di Urawa, laga tetap full house meski harga tiket pertandingan sangat mahal dan mendapatkan protes dari fans Urawa Red Diamonds.

Tiket temurah dijual JPY 8 ribu atau setara dengan Rp 889 ribu.

’’Sejak awal tur pramusim di Jepang, saya dibuat kagum dengan popularitas Paris Saint-Germain di negara ini. Di sini (Jepang) fans memenuhi stadion dua jam sebelumnya,’’ cuit jurnalis cantik PSG Talk Ambre Godillon.

Keputusan PSG menggandeng seniman Jepang VERDY turut mendongkrak animo publik Jepang menyaksikan aksi skuad besutan Christophe Galtier tersebut.

Untuk musim 2022–2023, jersey tandang PSG akan menggunakan nomor dan huruf yang khusus didesain seniman asli Osaka tersebut.

Ditambah Jordan sebagai apparel yang memproduksi jersey tandang PSG. ’’PSG membentuk lifestyle brand di Jepang,’’ tulis laman Sport Business.

’’Sejak kami bekerja sama dengan Jordan, popularitas kami di sini (Jepang) pun ikut terdongkrak. Ini yang bakal kami tingkatkan lagi pada musim-musim ke depan,’’ klaim Managing Director Asia-Pacific PSG Sebastien Wasels.

PSG memang terbilang pintar dalam mendekatkan diri dengan sesuatu yang berbau Jepang. Misalnya, bekerja sama dengan penerbit komik Captain Tsubasa bertajuk Paris Saint-Germain x Captain Tsubasa.

Tercatat, sudah ada empat official store PSG di Jepang. Dua official store di antaranya berada di Tokyo dan Nagoya.

’’PSG adalah satu-satunya klub di dunia yang membuka banyak toko resmi di Jepang sejak 2014,’’ kata Chief Brand Officer PSG Fabien Allegre. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update