Laga Penentuan Indonesia Vs Turkmenistan, Begini Peluang Timnas Lolos ke Piala Asia U-23 2024

0
49
Sejumlah pemain Timnas U-23 saat melakukan sesi latihan dengan pemain di stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/9/2023). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
Sejumlah pemain Timnas U-23 saat melakukan sesi latihan dengan pemain di stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/9/2023). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

batampos – Tim Nasional Indonesia U-23 berpeluang besar meraih tiket ke putaran final ajang Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar.

Sebelumnya, kemenangan besar diraih Indonesia atas China Taipei dengan skor 9-0 di pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23, pada Sabtu (9/9) lalu.

Tentunya kemenangan itu membuka peluang lebar untuk Indonesia menuju ke putaran kejuaraan paling bergengsi di Asia.

Namun sebelum itu, Timnas Indonesia U-23 harus bermain di laga penentuan melawan Turkmenistan untuk mengetahui peluang mereka lolos ke ajang tersebut.

Untuk saat ini, Marselino Ferdinan Cs memimpin klasemen sementara Grup K dengan mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol +9.

Di bawah Indonesia, bertengger Turkmenistan yang mengumpulkan poin setara yakni 3, tetapi cuma punya selisih gol +4 buah kemenangan 4-0 atas Taiwan.

Sehingga, penentuan nasib kedua negara tersebut bakal ditentukan di laga terakhir Grup K. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (12/9).

Namun, jika melihat segala skema dan hasil pertandingan yang bisa saja terjadi, Indonesia di laga ini jauh lebih diunggulkan dan berpeluang besar ke Piala Asia U-23.

Perlu diketahui, ada dua jalur agar Timnas bisa lolos ke ajang tersebut. Pertama, Indonesia harus menjadi juara grup dalam babak kualifikasi. Kedua, setidaknya mereka menjadi satu dari empat runner-up terbaik.

Dengan itu, Timnas memiliki beberapa skema untuk mengamankan satu tiket ke Qatar lantaran berhasil keluar sebagai juara grup.

Dengan meraih kemenangan, terlepas berapapun skornya, maka satu tiket ke Piala Asia U-23 sudah ada di genggaman Timnas Indonesia U-23.

Hasil itu menjadikan skuad Garuda mengumpulkan enam poin, tiga poin lebih unggul dari Turkmenistan yang berada di urutan kedua.

Sementara untuk skema kedua, Timnas U-23 setidaknya cukup menahan imbang Turkmenistan.

Meski nantinya kedua negara tersebut memiliki poin sama-sama empat, Timnas Indonesia U-23 sudah bisa menduduki posisi juara Grup K karena unggul gol +9 berbanding +4. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini