Rabu, 24 Juli 2024

Laga Panas Belanda vs Inggris di Semifinal Euro 2024, Wasitnya Pernah Terjerat Kasus Suap

Berita Terkait

Tendangan salto Jude Bellingham saat mengalahkan Slovakia dengan skor 2-1. (Instagram @england)

batampos – Keputusan kontroversial diambil UEFA dengan menunjuk wasit yang pernah terlibat dalam pengaturan skor. Integritasnya dipertanyakan secara terbuka oleh gelandang Inggris Jude Bellingham saat berseragam Borussia Dortmund.

Wasit itu adalah Felix Zwayer, yang akan memimpin pertandingan semifinal Euro 2024 antara Inggris dan Belanda. Zwayer pernah mendapatkan sanksi selama enam bulan pada 2005 setelah menerima suap dari pejabat lain Robert Hoyzer.

Dilansir dari ESPN, investigasi pada 2005 menemukan bahwa Zwayer menerima suap untuk mendukung klub Jerman Wuppertaler SV dalam pertandingan mereka melawan Werder Bremen Amateure pada Mei 2004.

Bellingham merujuk kembali pada insiden itu dalam wawancara pasca pertandingan pada 2021 setelah Borussia Dortmund kalah 3-2 dari Bayern Munich dalam pertandingan besar Bundesliga. Gelandang Inggris, bermain untuk Dortmund pada saat itu.

”Anda dapat melihat banyak keputusan dalam permainan. Anda memberikan wasit, yang telah mengatur pertandingan sebelumnya, pertandingan terbesar di Jerman. Apa yang Anda harapkan?” kata Jude Bellingham.

Bellingham kemudian didenda 40 ribu euro atas komentarnya, yang terjadi setelah Dortmund tidak mendapatkan penalti di satu sisi dan kebobolan di sisi lain.

Kepala Eksekutif Borussia Dortmund Hans-Joachim Watzke menambahkan, Jude Bellingham tidak menyebarkan kebohongan. Sebab yang disampaikan merupakan fakta secara hukum.

”Itu bukanlah kebohongan, melainkan apa yang terjadi di masa lalu. Pernyataan ini seharusnya tidak boleh terjadi, tetapi saya tidak melihat ada sesuatu yang tidak benar di sana. Saya tidak berharap hal itu akan berdampak pada Jude,” ungkap Hans-Joachim Watzke.

Zwayer memimpin pertandingan kemenangan Belanda 3-0 atas Rumania di babak 16 besar Euro 2024.

Sementara itu, bek Inggris Luke Shaw dengan cepat menghilangkan pemikiran negatif terhadap wasit yang akan memimpin laga semifinal itu.

”Kami harus menghormati UEFA, siapa pun yang mereka pilih sebagai wasit. Itu tidak akan mengubah apa pun tentang kami,” kata Luke Shaw.

”Kami hanya fokus pada pertandingan yang ada di depan mata, tidak terlalu memikirkan siapa wasit yang akan memimpin pertandingan atau ini dan itu. Bagi kami, itu tidak akan membuat perbedaan,” tegas Luke Shaw.

Laga Inggris kontra Belanda di babak semifinal Euro 2024 akan berlangsung di Signal Iduna Park pada Kamis (11/7) dengan kick-off pukul 02.00 dini hari WIB. (*)

 

SourceJPGroup

Update