Kirim Pulang Vietnam Setelah Menang 1-0, Indonesia Jaga Peluang di Piala Asia 2023

0
19
Asnawi Mangkualam (dua kanan) dikerumuni rekan-rekannya setelah membobol gawang Vietnam lewat titik putih di babak pertama. (Tim Media PSSI)

batampos – Timnas Indonesia membuka kesempatan menembus babak selanjutnya di Piala Asia 2023. Peluang skuad Garuda terbuka setelah menang tipis 1-0 atas Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1) malam.

Keberhasilan Indonesia mencetak gol tercipta di babak pertama lewat penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-42. Penalti diberikan wasit asal Tajikistan, Sadullo Gulmurodi, setelah pemain Vietnam menarik Rafael Struick di kotak 16 pas.

Keberhasilan Asnawi dalam mengeksekusi penalti ternyata membuat motivasi Indonesia bertambah ketika menjalani babak kedua. Meski kalah dalam penguasaan bola, tapi skuad Garuda memiliki peluang lebih banyak dalam mencetak gol.

Terbukti, berdasarkan statistik dari livescore, Indonesia menghasilkan 10 tendangan dan lima sepakan mengarah ke gawang. Statistik itu jauh lebih unggul ketimbang Vietnam yang menghasilkan enam tendangan dan tiga di antaranya mengarah ke gawang Indonesia.

Dominasi Indonesia makin menjadi ketika Vietnam harus bermain dengan 10 orang setelah T Le Pham mendapat akumulasi kartu kuning pada ke-90+2.

Walau begitu, Indonesia belum berhasil menambah keunggulan, bahkan Vietnam nyaris menyamakan kedudukan di detik-detik terakhir laga lewat tendangan bebas. Beruntung, Ernando Ari bermain apik di bawah mistar gawang Indonesia dalam membendung serangan lawan.

Keberhasilan itu membuat Indonesia mendapatkan 3 poin, dan bersaing dengan Irak (6 poin) serta Jepang yang memiliki poin yang sama dengan skuad Garuda. Namun, Indonesia harus berada di posisi ketiga karena kalah agresivitas gol dari Jepang di posisi kedua.

Kemenangan itu sekaligus mengirim pulang Vietnam lebih cepat dari Qatar. Vietnam terpaksa tereliminasi setelah berada di dasar klasemen Grup D tanpa poin. Artinya, pertandingan mereka selanjutnya kontra Irak tak lagi menentukan langkah ke babak 16 besar.

Sementara Indonesia harus bersiap menghadapi pertandingan selanjutnya. Asnawi dan kawan-kawan akan menghadapi Jepang di Al Thumama Stadium, Qatar, Rabu (24/1).

Melihat keberhasilan Irak mengatasi Jepang 2-1, Jumat (19/1), tak menutup kemungkinan skuad asuhan Shin Tae-yong dapat mempersulit langkah Jepang untuk lolos ke babak selanjutnya. (*)

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini