Selasa, 24 Mei 2022

Kekuatan Tim Indonesia Jauh Berkurang di SEA Games 2021 Hanoi

Berita Terkait

Tim Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games 2021 Hanoi resmi dikukuhkan hari ini di Jakarta (8/5). (Antara Photo)

batampos – Tim Indonesia resmi berkekuatan 499 atlet pada SEA Games ke-31 Vietnam. Kemarin (8/5), kontingen Indonesia resmi dikukuhkan dalam acara yang digelar di Hall Basket, Senayan, Jakarta Pusat.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bersyukur Indonesia dapat berlaga dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Sebab Indonesia masih berada dalam pandemi Covid-19.

“Kita bersyukur bahwa Indonesia masih bisa berpartisipasi dalam SEA Games ke-31 di Vietnam walaupun kita tahu bahwa sekarang masih dalam situasi pandemi. Tetapi sebagai tanda persahabatan kita dengan negara-negara Asia Tenggara, kita mengirimkan kontingen untuk ikut berlaga di dalam SEA Games ke-31 di Vietnam tahun ini,” kata Menpora dikutip dari Antara.

Menpora mengatakan pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games kali ini adalah pertama kali menggunakan paradigma baru. Yakni tentang pembinaan prestasi olahraga nasional setelah mendapatkan arahan dari Presiden RI pada peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-37 tahun 2020.

Saat itu Presiden Joko Widodo meminta review total tentang ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional. Arahan tersebut diwujudkan dengan perubahan Undang-Undang Olahraga. Yakni UU No 11 tahun 2022. Sebelumnya undang-undang itu sudah didahului dengan Perpres No 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Salah satu pembeda SEA Games ke-31 dengan SEA Games ke-30, kata Menpora adalah terkait jumlah kontingen yang diberangkatkan.

Menurut Zainudin, jumlah kontingen yang diberangkatkan, baik atlet, ofisial, pendamping, jauh berkurang dari yang diberangkatkan pada SEA Games ke-30 Filipina pada 2019 lalu.

“Kira-kira berkurang hampir 50 persen. Tetapi kami meyakini bahwa yang diberangkatkan ini benar-benar akan bisa menunjukkan prestasi yang dibanggakan,” ucap Menpora.

“Kami tidak asal-asal mengirim atlet, kami tidak asal-asal memilih kontingen, tetapi semua atlet ini sudah sesuai dengan ukuran-ukuran ditentukan oleh tim review yang terdiri dari para akademisi, para praktisi, dan juga ada perwakilan KONI, dan Komite Olimpiade Indonesia di dalamnya,” lanjut politikus Partai Golkar tersebut.

Tim review, lanjut Menpora, mendiskusikan berdasarkan catatan, prestasi, track record, dan pertimbangan-pertimbangan lain yang dimiliki oleh atlet.

“Jadi, saya ingin menyatakan bahwa pengiriman kali ini Insha Allah kita upayakan seobjektif mungkin berdasarkan parameter dan ukuran-ukuran yang bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Menpora.

Sebanyak 93 atlet dari 32 cabang olahraga hadir pada upacara pengukuhan. Mereka mewakili 499 atlet yang akan bertanding. Adapun jumlah atlet kali ini lebih sedikit dibandingkan SEA Games sebelumnya di Filipina. Yakni 841 atlet dari 52 cabang olahraga.

Chef De Mission (CdM) Ferry Kono melaporkan ada 24 cabang olahraga yang akan berangkat. Sisanya sudah berangkat terlebih dahulu. Baru setelah itu, Ketum KOI mengukuhkan Tim Indonesia SEA Games ke-31 Vietnam 2021.

Dalam acara tersebut hadir pula Ketua Umum KONI Letjen TNI Purn Marciano Norman dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari. (*)

 

Reporter: Antara

Update