Selasa, 24 Mei 2022

Kalah dari No 67 Dunia, Ginting Tumbang di Babak 1 Korea Open

Berita Terkait

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (F. NOC Indonesia)

batampos – Penampilan tunggal pertama Indonesia Anthony Sinisuka Ginting masih terus konsisten dalam inkonsistensi.

Pada ajang Korea Open 2022, Ginting menjadi unggulan pertama. Namun, dia sudah tumbang pada ronde pertama.

Ginting dikalahkan pemain non unggulan dari Prancis yang menempati ranking 67 dunia, Lucas Claerbout. Dalam pertandingan di Palma Indoor Stadium, Suncheon, hari ini (5/4), Ginting kalah telak dalam dua game langsung dengan skor 16-21 dan 13-21. Pertandingan tersebut berlangsung dalam tempo 42 menit.

Pada game pertama, Ginting sempat memimpin dengan skor 8-5. Namun, Claerbout mengejar dan berbalik memimpin dalam situasi 12-9. Setelah itu, Ginting yang banyak melakukan kesalahan sendiri tidak mampu untuk bangkit.

Pemain nomor lima dunia itu selalu tertinggal dan akhirnya kehilangan game pertama dalam kedudukan 16-21.

Di game kedua, situasinya lebih parah. Sejak awal, tidak sekalipun Ginting mampu unggul atas Claerbout. Dia selalu ketinggalan mulai dari 1-5, 8-13, dan 12-17. Puncaknya terjadi dalam kedudukan 17-13 untuk Claerbout.

Lawan berhasil mencetak empat angka beruntun dan langsung menutup pertandingan dengan kemenangan 21-13 di game kedua.

Kekalahan Ginting ini semakin menegaskan bahwa dia memang terlambat panas. Pada akhir tahun 2021, Ginting juga sudah tumbang pada ronde pertama Indonesia Masters dan Indonesia Open.

Pada tahun ini, Ginting belum mampu sekalipun menjejak final. Prestasi terbaiknya adalah menembus semifinal Swiss Open Super 300. Pada German Open dan All England, Ginting terhenti pada ronde kedua dan perempat final.

Kegagalan Ginting, untungnya tidak diikuti tunggal Indonesia lainnya yakni Shesar Hiren Rhustavito. Pada babak pertama, Shesar berhasil mengandaskan pemain asal Thailand Sitthikom Thammasin dalam rubber game dengan skor 21-18, 14-21, dan 21-9. Shesar bertarung dalam tempo 1 jam dan 4 menit.

Selain Ginting dan Shesar, di Korea Open 2022 ini, Pelatnas PP PBSI Cipayung juga menurunkan Jonatan Christie. Jonatan menempati unggulan ketiga turnamen. Pada babak pertama, Jonatan akan berhadapan dengan pemain asal Malaysia Soong Joo Ven. (*)

Reporter: JPGroup

Update