Juarai Sprint MotoGP Indonesia, Jorge Martin Geser Bagnaia dari Puncak Klasemen

0
15
Jorge Martin memacu kecepatan pada sesi latihan bebas 2 MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (13/10/2023). ANTARA/Wahyu Putro A
Jorge Martin memacu kecepatan pada sesi latihan bebas 2 MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (13/10/2023). ANTARA/Wahyu Putro A

batampos – Pebalap Prima Pramac Racing Jorge Martin menggeser posisi Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dari puncak klasemen sementara musim ini. Itu terjadi setelah Martin memenangi Sprint MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Sabtu (14/10).

Martin kini unggul tujuh poin dari Bagnaia, dengan total 328 poin. Itu juga merupakan kemenangan Sprint keempat Martin secara beruntun musim ini yang dilengkapi dengan catatan waktu lap tercepat.

Selepas start, polesitter Luca Marini (VR46) kehilangan posisinya sebagai yang terdepan setelah disalip oleh Maverick Vinales dari tim Aprilia.

Belum tuntas lap pertama bergulir, Marc Marquez (Repsol Honda/HRC) terjatuh saat berusaha melewati tikungan tajam di awal. Dia segera bangkit dan dinyatakan baik-baik saja, namun gagal melanjutkan balapan.

Brad Binder (Red Bull KTM) juga harus mencium gravel setelah Aleix Espargaro kehilangan grip ban depan motor Aprilia-nya saat mencoba merangsek dari sisi dalam tikungan.

Sang pembalap Spanyol gagal melanjutkan lomba, sementara Binder kembali menunggangi motornya walaupun dia terlempar ke posisi belakang.

Sementara posisi tiga besar di empat lap awal Sprint dikuasai oleh Vinales, Marini, dan Martin yang berusaha meraih poin lagi demi gelar juara dunia musim ini.

Di tengah upayanya itu, Martin sekaligus mencatatkan lap tercepat langsung menggeser posisi Marini yang juga menggeser posisi Vinales dari P2 di akhir lap keenam.

Rekan satu tim Marini, yakni Marco Bezzecchi, juga berusaha mengejar ketertinggalan dengan berhasil meraih P4 di lap ketujuh. Dia menggeser Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing), serta duo pembalap pabrikan Ducati yang masih bersusah payah untuk masuk ke posisi lima besar.

Pada lap 10, Martin dengan pasti mengamankan posisi terdepan. Marini masih berusaha merebut kembali posisi tersebut dengan berada di P2, sementara di belakangnya adalah Vinales.

Dua lap terakhir, Martin masih berusaha mempertahankan posisi terdepan yang dia dapatkan dengan cukup menantang, hingga akhirnya dia mampu mengamankan kemenangan tersebut hingga bendera dikibarkan di garis finis. Martin unggul 1,131 detik atas Marini.

Kejutan tak berhenti sampai di sana. Vinales yang seakan mampu memastikan podium Sprint MotoGP Indonesia, ternyata lengah dan disalip oleh Bezzecchi yang hanya terlampau tipis 0,060 detik darinya saat berusaha melewati tikungan terakhir.

Quartararo dan Di Giannantonio mengamankan poin setelah finis enam besar, sedangkan Bagnaia, yang untuk pertama kalinya pada musim ini gagal menembus Q1, menjalani balapan dari P13 dan harus mengakui keunggulan rekan satu timnya, Enea Bastianini, dan harus puas finis di P8.

Jack Miller (Red Bull KTM) membawa pulang poin terakhir yang tersedia pada balap sprint hari ini di P9. (*)

 

 

Reporter: Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini