Selasa, 27 Februari 2024

Juara Dunia Bulutangkis Junior BWF, Alwi Farhan Ukir Sejarah Tunggal Putra

Berita Terkait

Alwi Farhan Sukses Raih Gelar Juara Dunia Junor BWF World Junior Championship. (Twitter/X @INABadminton)

batampos – Kabar membanggakan datang dari bulutangkis Indonesia, Alwi Farhan sukses raih gelar juara dunia bulutangkis junior BWF.

Di tengah kekecewaan atas kegagalan tim bulutangkis Indonesia di Asian Games 2022, kabar Alwi Farhan raih gelar juara dunia membawa angin segar.

Selain sukses raih gelar juara, Alwi Farhan mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pemain tunggal putra pertama yang merengkuh gelar juara dunia bulutangkis junior.

Alwi menorehkan gelar juara setelah berhasil mengalahkan wakil asal Tiongkok Hu Zhe An dengan skor 21-19, 19-21, 21-14.

Pertandingan final yang cukup ketat dilakoni Alwi hingga memaksanya mengakhiri pertandingan hingga tiga set.

Saat itu, unggulan ketiga Tiongkok Hu Zhe An berhasil meraih empat poin beruntun dari Alwi Farhan dan membuatnya memenangkan set kedua.

Pertandingan final tunggal putra bulutangkis junior BWF itu berlangsung di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Minggu malam waktu setempat.

Keluarnya Alwi Farhan sebagai pemenang dalam laga final yang berlangsung ketat tersebut membuat remaja kelahiran 2005 ini menjadi pemain tunggal putra Indonesia pertama yang berhasil menyabet gelar juara dunia junior.

Sepanjang perjalanan gelaran BWF World Junior Championship dari kurun waktu 1992 hingga 2022, pemain bulutangkis Indonesia belum pernah mencatatkan diri sebagai peraih gelar juara dunia junior di nomor tunggal putra.

Sedangkan Indonesia sudah pernah punya juara dunia junior di tiga nomor lainnya yaitu tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran.

Dengan torehan tersebut, Alwi berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan merah putih di ajang tersebut. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update