Jonatan Sumbang Gelar untuk Indonesia di Hong Kong Open 2023

0
33
Jonatan Christie saat tampil pada Hong Kong Open 2023 (PBSI)
Jonatan Christie saat tampil pada Hong Kong Open 2023 (PBSI)

batampos – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyumbang gelar kedua bagi Indonesia pada turnamen Hong Kong Open 2023 setelah memenangi babak final saat menghadapi Kenta Nishimoto asal Jepang, Minggu (17/9).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Kowloon itu, pemain unggulan kelima tersebut memetik kemenangan rubber game 12-21, 22-20, 21-18.

Gelar juara tersebut juga menjadi kemenangan kedua bagi pemain yang biasa disapa Jojo itu pada ajang Super 500, setelah Indonesia Masters 2023 pada Januari.

Permainan Jojo pada gim pertama terbilang kurang solid untuk menghadapi Kenta yang punya pertahanan rapat. Jojo berusaha mengubah pola permainan namun kerap mengalami kebuntuan.

Upaya wakil Indonesia dengan bermain lebih sabar pun tak membuahkan hasil. Kenta tak segan untuk mengejar umpan-umpan jauh dari Jojo, yang sukses ia kembalikan.

Setelah 21 menit bersaing, gim pertama tak bisa diamankan Jojo. Apalagi momen kehilangan sembilan poin secara beruntun dari 9-9 menjadi 9-18 sangat memukul mental Jojo.

Pertahanan pemain unggulan kelima itu pun goyah dan mampu diakali Kenta secara mudah sebelum akhirnya ditutup dengan skor 12-21.

Pada gim kedua permainan Jojo masih belum menunjukkan perkembangan berarti. Satu-satunya keunggulan yang ia raih ialah skor 7-4, setelah mendulang tiga poin beruntun atas Kenta.

Namun Kenta tak mau kalah dan kembali merebut keunggulan setelah berusaha keras memperkecil selisih dengan wakil Indonesia. Berkat usaha keras Jojo, ia pun kembali mengambil alih keunggulan.

Meski sempat terlibat setting, namun Jojo sukses menjaga permainannya hingga gim kedua usai dengan kemenangan 22-20.

Jojo melalui laga dramatis pada gim ketiga, ketika ia dan Kenta terlibat dalam kejar mengejar poin sejak awal permainan.

Keduanya terus saling mengejar dan menyamakan skor, dan kerap bergonta-ganti strategi agar bisa mengakali permainan lawan.

Memasuki akhir gim saat skor, Jojo mendapat dua poin penutup secara mudah akibat kesalahan yang dibuat Kenta sehingga skor menjadi 21-18. Dengan hasil itu, Timnas Bulutangkis Indonesia memboyong dua gelar juara dari Hong Kong Open.

Pada ajang itu, gelar pertama disumbangkan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, setelah mengalahkan pasangan asal Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dengan skor 14-21, 24-22, 21-9. (*)

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini