Rabu, 24 Juli 2024

Jelang Semifinal Copa America 2024 Argentina vs Kanada, Scaloni: Semoga Kami Bisa Mencapai Final

Berita Terkait

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni menyatakan bahwa timnya datang ke gelaran Copa America 2024 dengan tujuan mencapai laga akhir atau dalam kata lain bermain hingga laga final. (dok AFA)

batampos – Gelaran Copa America 2024 telah memasuki babak semifinal. Empat negara telah memastikan diri lolos dari jegalan lawan-lawannya. Argentina menjadi salah satu dari empat semifinalis yang akan memperebutkan tiket ke partai final Copa America 2024.

Jelang laga semifinal Copa America 2024 Argentina vs Kanada. Pelatih Argentina, Lionel Scaloni menyatakan bahwa timnya datang ke gelaran Copa America 2024 dengan tujuan mencapai laga akhir atau dalam kata lain bermain hingga laga final. Terlebih, La Albiceleste (julukan Argentina) merupakan juara Copa America 2021.

Pertandingan Argentina vs Kanada sendiri akan digelar di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, pada Rabu (10/7) mulai pukul 07.00 WIB. Laga semifinal Argentina vs Kanada akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar dan live streaming melalui Vidio.

Laga Argentina vs Kanada menjadi pertandingan ulangan yang telah terjadi saat pembukaan gelaran Copa America 2024. Saat itu pertandingan Argentina vs Kanada digelar pada Jumat (21/6) di Mercedes-Benz Stadium, Amerika Serikat dan dimenangkan oleh Argentina dengan dua gol tanpa balas.

Dua gol kemenangan La Albiceleste dicetak oleh dua ujung tombaknya yakni Julian Alvarez dan Lautaro Martinez. Sang kapten Lionel Messi pun turut bermain penuh 90 menit dan mencatatkan satu assist ketika gol Lautaro Martinez. Dalam laga tersebut Argentina sangat menguasai pertandingan dengan penguasaan bola sebanyak 65% meski pada menit-menit awal sempat mengalami kebuntuan.

Menjelang sehari sebelum melawan Kanada dalam laga semifinal Copa America 2024. Lionel Scaloni mengakui belum memutuskan siapa saja yang akan diturunkan menghadapi kekuatan Kanada. Meski belum memastikan skuad yang akan diturunkan, sosok pelatih yang mengantar Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar telah mengetahui kekuatan dari Kanada.

Menjalani pertandingan hidup mati, Scaloni juga bertekad menurunkan pemain-pemain terbaiknya demi memberi perlawanan lebih untuk The Canucks (julukan Timnas Kanada) dan kembali bermain di final Copa America. Dirinya akan mengambil keputusan siapa saja yang akan menjadi starting eleven saat menghadapi Kanada setelah sesi latihan terakhir.

“Hari ini kami akan menjalani sesi latihan terakhir dan kita akan lihat keputusan apa yang kami ambil mengenai tim. Kami belum memastikan tim mana yang akan diturunkan melawan Kanada, tapi kami tahu kekuatan mereka. Kami akan membentuk tim untuk melawan mereka dan mencoba mengalahkan mereka,” ujar Lionel Scaloni saat sesi konferensi pers jelang pertandingan yang dikutip dari situs resmi Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) pada Selasa (9/7).

Pelatih berusia 46 tahun itu mengungkapkan bahwa skuad Argentina yang mengikuti gelaran Copa America 2024 memiliki tujuan untuk mencapai pertandingan terakhir yaitu laga final. Menyapu bersih seluruh poin saat fase grup dan menang adu penalti saat babak 8 besar Copa America 2024 menjadi modal berharga bagi La Albiceleste yang berambisi mempertahankan gelar Copa America.

“Ketika datang untuk memainkan turnamen-turnamen (Copa America 2024) ini, tujuannya selalu untuk mencapai akhir. Kami telah menyelesaikan bagian pertama, semoga kami bisa mencapai final,” ungkapnya.

Mendapat predikat sebagai juara dunia hingga terus mendapat kemenangan selama mengikuti gelaran Copa America 202. Nyatanya, tak membuat skuad Argentina jumawa atas lawan-lawannya di ajang bergengsi yang digelar di Amerika Serikat ini. La Albiceleste merasa gembira atas apapun yang terjadi saat menjalani turnamen Copa America 2024.

“Kami senang dan gembira dengan apa yang akan terjadi. Kami menunjukkan bahwa kami tidak borjuis dengan kemenangan yang telah kami raih,” kata Lionel Scaloni.

Dalam mencapai semifinal Copa America 2024, Argentina telah memenangkan total tiga laga fase grup dan sekali pertandingan di babak 8 besar melawan Ekuador. Ketika melawan Ekuador, La Albiceleste harus menyelesaikan laga melalui babak adu penalti yang cukup menegangkan.

Terlebih sang kapten Lionel Messi yang mengambil kesempatan pertama menjadi eksekutor penalti gagal menyelesaikan tugasnya dengan baik. Messi pun mendapat sorotan publik seusai laga Argentina vs Ekuador. Publik pun menganggap bahwa kini Argentina tidak lagi bertumpu hanya kepada seorang Leo Messi.

Hal berbeda diungkapkan oleh juru taktik Argentina yang mengatakan bahwa sosok Leo Messi adalah pemain yang penting dalam skuadnya. Scaloni menganggap bahwa level visi bermainnya saat menjadi gelandang serang cukup bagus pada usianya saat ini. Dirinya juga cukup senang dengan kontribusi pantang menyerah seluruh anak asuhnya yang mendapat kepercayaan bermain.

“Leo (Messi) adalah pemain penting bagi kami. Kami senang dengan kontribusi seluruh tim, level gelandangnya (Messi) bagus,” tegasnya.

Memiliki status sebagai juara bertahan Copa America menjadi salah satu bekal cukup bagus bagi Argentina dalam menjalani duel melawan Kanada pada pertandingan semifinal nantinya. Dari catatan rekor pertemuan keduanya pun, La Albiceleste masih sangat mendominasi atas Kanada.

Dari rekor pertemuan, Argentina dan Kanada telah bertemu sebanyak dua kali dalam semua laga pada ajang apapun. Pertemuan pertama Argentina vs Kanada terjadi pada 25 Mei 2010 lalu saat pertandingan uji coba internasional di Mas Monumental, Buenos Aires, Argentina.

Saat itu, La Albiceleste menang besar dengan skor akhir 5-0. Lima gol kemenangan Argentina dicetak oleh Maxi Rodriguez (2 gol), Angel Di Maria, Carlos Tevez, dan Sergio Aguero. Dari seluruh pemain yang bermain ketika Argentina menggasak lima gol tanpa balas Kanada, hanya tersisa seorang Nicolas Otamendi yang kini berada di skuad Argentina edisi Copa America 2024 di Amerika Serikat.

Pertemuan terakhir kedua pun masih dikuasai Argentina yang berhasil menang dengan skor akhir 2-0. Laga terakhir Argentina vs Kanada itu terjadi saat pembuka Copa America 2024 pada Kamis (21/6) lalu di Mercedes-Benz Stadium, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh wasit Jesus Valenzuela.

Patut dinantikan siapakah yang akan melaju ke partai final Copa America 2024 nantinya. Akankah Lionel Scaloni mampu kembali membawa Argentina mencapai partai final setelah sukses meraih gelar Piala Dunia 2022 lalu. Atau Kanada yang bermain dengan determinasi tinggi mampu memberi kejutan besar bagi kesuksesan La Albiceleste. (*)

 

SourceJPGroup

Update