Rabu, 24 Juli 2024

Inggris Lolos Dramatis setelah Tumbangkan Slovakia 2-1

Berita Terkait

Tendangan salto Jude Bellingham saat mengalahkan Slovakia dengan skor 2-1. (Instagram @england)

batampos – Inggris berhasil mengamankan satu tiket ke fase 8 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Slovakia dengan skor akhir 2-1.

Dua gol kemenangan Inggris dicetak Jude Bellingham dan Harry Kane. Inggris lolos ke fase perempat final dan akan melawan Swiss.

Laga 16 besar antara Inggris vs Slovakia berlangsung di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman, pada Minggu (30/6) mulai pukul 23.00 WIB. Pertandingan babak gugur itu dipimpin wasit Halil Umut Meler dari Turki.

Skuad mewah yang dibawa Gareth Southgate ke Euro 2024 harus kebobolan terlebih dulu pada menit ke-25. Melalui tendangan kaki kiri Ivan Schranz setelah mendapat umpan dari David Strelec.

Saat babak pertama, Bellingham dkk, terlihat kesulitan menembus pertahanan kokoh dari Slovakia. Dalam 45 menit babak pertama itu, Inggris sangat kesulitan menembus pertahanan Slovakia hingga tak mampu mencatatkan satupun tendangan yang mengarah ke gawang. Meskipun Inggris secara total berhasil melepaskan tujuh percobaan tendangan.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum laga Inggris vs Slovakia. Setelah turun minum, The Three Lions (julukan Timnas Inggris) sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-50 melalui kaki Phil Foden. Namun, gol yang diciptakan Foden dibatalkan VAR seusai dirinya terlebih dulu berada pada posisi offside.

Memasuki menit ke-80, Declan Rice juga sempat mengancam gawang Dubravka dari tendangan jarak jauh. Sayang, tendangan keras yang dilepaskan Rice masih membentur tiang sisi kanan gawang Slovakia.

Mendapat tambahan waktu sebanyak enam menit. Inggris memanfaatkannya dengan terus mengurung pertahanan Slovakia demi menyamakan skor dan memperpanjang asa mengamankan satu tiket fase 8 besar Euro 2024.

Usaha pantang menyerah dari Inggris berbuah gol saat menit-menit akhir babak kedua tepatnya pada menit ke-90+4 melalui kaki Jude Bellingham. Gol dramatis itu hadir pada pengujung laga saat Bellingham melakukan tendangan salto dari umpan Marc Guehi.

Skor berubah 1-1 menjelang dua menit pertandingan selesai dan membuat laga Inggris vs Slovakia harus dilanjutkan melalui babak extra time perpanjangan waktu 2×15 menit.

Tak ingin angkat koper dari Euro 2024, The Three Lions langsung tancap gas menyerang saat memasuki babak extra time demi mengamankan satu tiket di babak 8 besar Euro 2024. Belum genap semenit masa perpanjangan waktu, gawang Slovakia kembali bergetar.

Gol kedua tersebut lahir tepat menit ke-91 melalui sundulan Harry Kane seusai mendapat umpan menggunakan kepala dari Ivan Toney. Comeback! Kini gantian Inggris yang di atas angin dengan skor 2-1 usai tertinggal hampir 90 menit pertandingan berjalan.

Setelah berhasil mencetak dua gol, Inggris terlihat mengubah skema permainan dengan lebih banyak bertahan pada sisa waktu babak extra time. Bellingham dan Kane pun ditarik demi penyegaran pertahanan Inggris.

Slovakia terus mencoba mendobrak pertahanan yang dibangun Inggris. Upaya skema crossing maupun umpan terobosan terus dicoba Slovakia. Namun, skema-skema yang dicoba itu dapat terus diredam dan menemui jalan buntu.

Hingga 120 menit laga berjalan Slovakia gagal menyamakan skor dan membuat Inggris berhak lolos ke fase delapan besar Euro 2024. Skor 2-1 menjadi akhir pertandingan dramatis Inggris vs Slovakia yang tersaji di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman.

Meski lolos ke babak berikutnya, Inggris masih memiliki pekerjaan rumah menyelesaikan efektivitas lini depan. Menguasai jalannya pertandingan dengan diisi pemain-pemain bertalenta tak membuat Inggris mudah mencetak gol. Bahkan, sempat menemui kebuntuan sebelum Bellingham sukses mencetak gol saat pengujung babak kedua.

Secara statistik pertandingan, Inggris sangat menguasai laga dengan torehan 64 persen penguasaan bola dengan total 808 kali umpan. Efektivitas penyerangan Inggris cukup buruk dalam laga melawan Slovakia. Tercatat anak asuh Gareth Southgate hanya mampu membuat dua shots on target dari total 16 kali percobaan tendangan.

Lolos ke babak delapan besar Euro 2024, Inggris akan bertemu dengan Swiss yang sebelumnya mengalahkan Italia. Pertandingan Inggris vs Swiss akan berlangsung pada Sabtu (6/7) pukul 23.00 WIB.

Pertemuan terakhir Inggris dan Swiss terjadi pada Minggu (27/3/2022) yang dimenangkan The Three Lions dengan skor akhir 2-1. Dalam lima pertandingan terakhir pun Inggris sangat digdaya dengan tak pernah kalah atas Swiss dalam semua ajang yang mereka ikuti. (*)

Update