Selasa, 3 Oktober 2023

Indonesia Taklukkan Kirgistan 2-0, Modal Krusial Menuju Babak Berikutnya

Berita Terkait

Laga perdana timnas Indonesia vs Kirgistan di ajang Asian Games. (NOC Indonesia)

batampos – Timnas Indonesia tidak memiliki persiapan ideal untuk mengarungi Asian Games Hangzhou 2022. Pertama, saat pemusatan latihan digelar kali pertama pada 7 September lalu, tidak semua pemain hadir.

Sebagian pemain masih membela timnas U-23 pada kualifikasi Piala Asia U-23 Qatar 2024. Lalu, sebagian pemain lain masih memperkuat klub.

Persiapan tidak ideal itu diperparah dengan tidak dilepasnya Ramadhan Sananta oleh Persis Solo. Sananta awalnya diizinkan memperkuat timnas. Namun, Laskar Sambernyawa –julukan Persis– akhirnya mengubah keputusan pada H-2 jelang dimulainya laga perdana Indonesia di pentas Asian Games.

Keputusan diambil karena Persis sedang kekurangan penyerang.

Meski dihadapkan dengan berbagai persoalan, Indonesia mampu melewati laga perdana fase grup F Asian Games Hangzhou 2022 dengan kemenangan. Tiga poin perdana didapat setelah Indonesia menang 2-0 atas Kirgistan di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, tadi malam (19/9).

Dalam laga tersebut, gol pertama Indonesia dicetak pemain yang kini berlaga di Liga 2 bersama Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek, pada menit ke-58. Lalu, gol kedua Indonesia dicetak pemain debutan di timnas U-24 Hugo Samir (90+2).

Hugo tak dapat menutupi kegembiraannya setelah menciptakan gol ke gawang Kirgistan. Apalagi, proses terjadinya gol sangat baik. Hugo melewati pemain belakang lawan. Lalu, dalam situasi dihadang kiper tim lawan, putra Jacksen F. Tiago itu mampu melepaskan shoot terukur ke dalam gawang.

’’Saya sangat senang. Ini gol debut saya untuk negara saya. Dan, gol pertama di turnamen profesional,’’ tutur pemain Borneo FC Samarinda itu kepada Jawa Pos seusai pertandingan. ’’Ini gol yang luar biasa istimewa. Gol ini saya persembahkan untuk mama, papa, dan adik saya, Diego,’’ imbuh Hugo.

Tapi, Hugo tidak mau cepat berpuas diri. Perjuangan belum tuntas. Masih ada dua pertandingan di fase penyisihan. ’’Saya akan tetap bekerja keras. Saya bakal terus berjuang untuk negara ini,’’ tegasnya.

Indra Sjafri, pelatih timnas Indonesia, menilai kemenangan atas Kirgistan sangat penting. Menurut dia, dalam sebuah turnamen atau kejuaraan, kemenangan di laga perdana bisa menentukan langkah berikutnya.

’’Alhamdulillah, kami bisa memenangi pertandingan perdana. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pemain yang sudah berjuang hari ini (kemarin, Red). Tiga poin ini menjadi modal kami untuk melangkah ke fase berikutnya,’’ ucap pelatih asal Sumatera Barat itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi tiga poin perdana timnas di pentas Asian Games Hangzhou 2022. Menteri BUMN itu meminta para pemain tetap fokus. ’’Kita harus fokus sampai pertandingan terakhir. Mari rebut tiket 16 besar,’’ ujar mantan presiden klub Inter Milan tersebut.

Setelah Kirgistan, Indonesia akan bertemu Taiwan. Persiapan Indonesia untuk menghadapi laga kedua fase grup F itu tidak banyak. Pertandingan tersebut akan dimainkan besok pukul 15.00 WIB di tempat yang sama. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update