Rabu, 25 Mei 2022

Indonesia Bantai Laos 1-5 di Laga Kedua

Piala AFF 2020

Berita Terkait

Asnawi Mangkualam Bahar (dua dari kiri) merayakan gol pertama Indonesia ke gawang Laos pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020. (Tim Media PSSI)

batampos – Tim Nasional Indonesia membantai Laos pada laga kedua mereka di Grup B Piala AFF 2020. Tampil di Bishan Stadium, Singapura, Evan Dimas dkk membantai Laos dengan skor 1-5.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil menyapu bersih dua kemenangan dalam pertandingan awal di Grup B. Pada laga perdana 9 Desember lalu, Indonesia menang 4-2 melawan Kamboja.

Pada pertandingan ini, Indonesia tampil sangat dominan. Ucapan pelatih kepala Shin Tae-yong yang mengatakan bahwa kualitas pemain Laos tidak terlalu bagus, memang terealisasi di lapangan.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga membuktikan janjinya untuk memberikan kemenangan kepada Indonesia atas Laos.

Indonesia mencetak gol pertama pada menit ke-23 lewat tendangan penalti bek asal tim Ansan Greeners FC (Korea Selatan) Asnawi Mangkualam Bahar. Dorongan badan jarak dekat Irfan Jaya pada menit ke-34, membuat Indonesia unggul 2-0.

Laos berhasil memperkecil kedudukan lewat striker Kydavone Souvanny pada menit ke-41. Melalui skema serangan balik cepat, Kydavone melepaskan tendangan melengkung cantik yang tidak mampu dihalau kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Pada babak kedua, Indonesia sukses menambah tiga gol. Yakni melalui dua gol pemain pengganti yakni Witan Sulaeman pada menit ke-56 dan Ezra Walian di menit ke-77. Kapten Evan Dimas menutup pesta gol Indonesia enam menit sebelum babak normal berakhir.

Irfan yang tampil baik dengan satu gol dan satu assist, terpilih menjadi man of the match. Indonesia memang sangat mendikte total permainan melawan Laos.

Merah Putih melakukan 24 tendangan dan sembilan mengarah ke gawang. Sedangkan Laos hanya mencatat tiga tembakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang. Total, Indonesia mencatat penguasaan bola mencapai 76 persen.

Dan dengan dua kemenangan telak ini, Indonesia untuk sementara menjadi pemuncak klasemen sementara Grup B. Poin Timnas, sejatinya sama dengan Malaysia yakni 6. Selisih golnya juga sama yakni plus 6. Namun, Indonesia lebih produktif dengan mencetak 9 gol. Sedangkan Malaysia menceploskan 7 gol.

“Kami akan fokus pada pertandingan selanjutnya. Dua laga mendatang akan sangat penting artinya bagi kami,” ucap Shin Tae-yong dalam wawancara setelah pertandingan.

Memang, Indonesia akan menghadapi laga berat melawan Vietnam pada 15 Desember dan Malaysia pada 19 Desember. Dua pertandingan itu akan menjadi kunci kelolosan Indonesia pada semifinal Piala AFF 2020. (*)

Reporter: JPGroup

Update