Rabu, 24 Juli 2024

Iga Swiatek Juara French Open 2023

Berita Terkait

Petenis putri Polandia Iga Swiatek saat pertandingan semifinal French Open melawan petenis Brazil Beatriz Haddad Maia di Paris, Jumat (8/6). (Emmanuel Dunand/AFP/Antara)

batampos – Iga Swiatek berjuang melewati Karolina Muchova 6-2, 5-7, 6-4 untuk memenangi gelar French Open ketiganya, Sabtu (10/6). Dia menjadi petenis putri pertama yang berhasil mempertahankan gelar Roland Garros sejak 2007.

Swiatek yang berusia 22 tahun merupakan petenis putri ketiga di era Open yang memenangi empat final Grand Slam yang dimainkan. Petenis Polandia itu menambahkan kemenangan Roland Garos kali ini dalam daftar gelar 2020 dan 2022 di Paris, dan kemenangan US Open tahun lalu.

Monica Seles dan Naomi Osaka adalah petenis lain yang mencapai prestasi tersebut.

Baca Juga: Manchester City Juara Liga Champions, Raih Treble Kedua

Swiatek, petenis nomor satu dunia, juga menjadi petenis putri termuda yang merebut gelar French Open berturut-turut setelah Monica Seles pada awal 1990-an.

”Saya tahu saya telah mengatakan ini setiap tahun, ini bukan tentang penampilan, saya sangat senang berada di sini. Ini adalah tempat favorit saya dalam tur,” kata Swiatek yang disiarkan AFP seperti dilansir dari Antara.

Gelar terbaru Swiatek tersebut mengakhiri dua pekan dominan di lapangan tanah liat di Paris. Dia mencapai rekor 28 kemenangan dan dua kekalahan dalam lima kunjungan.

Muchova, peringkat 43 dunia, adalah petenis putri peringkat keempat terendah yang mencapai final French Open, pertandingan kejuaraan pertamanya di sebuah turnamen besar.

Baca Juga: Melaju ke Final French Open 2023, Peluang Iga Swiatek Menyamai Torehan Justine Henin

”Ini terasa sangat dekat namun jauh, itulah yang terjadi ketika Anda bermain melawan salah satu yang terbaik, Iga,” ujar Muchova.

Petenis Ceko yang tidak diunggulkan itu masuk final setelah memenangi lima pertandingan dalam karirnya melawan petenis di tiga besar. Empat di antaranya di Grand Slam setelah mengejutkan Aryna Sabalenka di semifinal. (*)

 

 

Reporter: Antara

Update