Selasa, 31 Januari 2023

Honda Geser Yamaha Sebagai Pesaing Ducati di MotoGP

Berita Terkait

Joan Mir yang kini berseragam Repso Honda, (Repsol Honda)

batampos – Peta persaingan tim-tim MotoGP diprediksi bakal berubah di musim 2023. Terutama persaingan di papan atas. Prediksi ini terkait dengan berubahnya kekuatan tim-tim tersebut.

Tahun lalu, persaingan perebutan gelar juara dunia di MotoGP terjadi antara Ducati dan Yamaha. Namun, di musim 2023 diprediksi pertarungan perebutan gelar juara bakal mempertemukan Ducati dan Honda.

Ducati tetap menjadi tim terfavorit untuk mempertahankan gelar juaranya. Suntikan energi dari Enea Bastianini yang menjadi rekan satu tim juara bertahan Francesco Bagnaia memperkuat daya gedor Ducati.

Baca Juga: Pep Guardiola Menyebut Dirinya sebagai Pelatih Genius

Bahkan, ada peluang besar bahwa persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023 akan terjadi antara Bastianini vs Bagnaia.

Yang kemudian berubah adalah pesaing Ducati musim ini. Peluang Yamaha untuk bertarung menjadi berkurang setelah kehilangan tim satelitnya RnF yang berpaling ke Aprilia.

Peluang Honda meningkat menjadi tim nomor dua yang paling berpeluang meraih gelar juara dunia di 2023.

Faktornya adalah terus membaiknya kondisi fisik Marc Marquez pasca operasi keempat pada lengan kanannya.

Baca Juga: Dispora Rencanakan Bangun Sport Centre di Batam, Lokasinya di Sini

”Lengan kananku tidak akan bisa normal kembali seperti semula. Namun, yang pasti kondisinya saat ini sudah lebih baik ketimbang tahun lalu (2022),” ungkap Marquez dikutip dari Crash.

Kedua, suntikan tenaga dari juara dunia 2021 Joan Mir. Mantan pembalap Suzuki tersebut juga terus membaik kondisinya setelah mengalami cedera tahun lalu.

Selain itu, Mir punya motivasi lebih setelah berganti seragam menjadi pembalap di tim paling sukses sepanjang sejarah MotoGP, yakni Repsol Honda.

Baca Juga: Manchester City Permalukan Chelsea 1-0

”Setiap pembalap MotoGP pasti membayangkan berseragam Honda,” ujarnya.

Kemudian, Repsol Honda tetap mendapat dukungan dari tim satelit mereka yakni LCR Honda, yang juga mendapatkan energi baru dari Alex Rins.

Dukungan dari tim satelit sangat berpengaruh di MotoGP lantaran data yang akan diperoleh tim pabrikan lebih banyak dan presisi. Dengan Yamaha yang kehilangan tim satelit, kekuatan mereka sudah pasti berkurang. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update