Rabu, 25 Mei 2022

Hendra/Ahsan Berharap Minimal Tembus Semifinal

Berita Terkait

Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (F. bipol.co)

batampos – Persaingan India Open 2022 tidak akan seketat biasanya. Banyak pemain papan atas yang absen dalam turnamen level super 500 tersebut. Hal itu membuat langkah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bisa sedikit longgar.

Pasangan berjuluk The Daddies itu juga semakin mengukuhkan posisinya sebagai unggulan pertama.

Dari hasil undian, Hendra/Ahsan berada di pul atas. Pada pertandingan pertama di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, hari ini (11/1), mereka akan menghadapi Prem Singh Chouhan/Rajesh Verma. Itu akan menjadi pertemuan pertama Hendra/Ahsan melawan pasangan India non unggulan tersebut.

Persaingan makin longgar saat unggulan keempat Ben Lane/Sean Vendy mengundurkan diri. Hal tersebut terjadi setelah Vendy dan pelatih Nath Robertson terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (9/1) lalu.

Mereka terdeteksi sebelum berangkat ke India. Hal yang sama terjadi kepada Sai Praneeth dan Dhruv Rawat yang batal mengikuti India Open 2022 karena positif Covid-19.

Praktis, pesaing berat Hendra/Ahsan tinggal Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang menjadi unggulan kedua. Rankireddy/Chirag Shetty berada di pul bawah. Jika sesuai skenario, mereka akan bertemu Hendra/Ahsan pada babak final. Melawan ganda ranking ke-10 dunia itu, Hendra/Ahsan juga masih unggul.

Dari empat pertemuan, Hendra/Ahsan mengoleksi tiga kemenangan. Sebanyak dua di antaranya diraih dari dua pertemuan terakhir di Thailand Open dan Indonesia Masters 2020. Semua dengan straight game.

Hendra mengaku belum berpikir terlalu jauh untuk memenangkan gelar. ”Kalau dari saya sih ingin menembus semifinal dulu ya. Soalnya masih ada wakil dari Malaysia dan India yang bagus juga,” kata Hendra kepada Jawa Pos kemarin.

Hendra/Ahsan memang patut mewaspadai Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang menjadi unggulan ketiga. Kemungkinan mereka bisa bertemu di semifinal. Secara peringkat dan head-to-head, Hendra/Ahsan memang unggul dari pasangan ranking ke-11 itu.

Dari tiga pertemuan, Hendra/Ahsan berhasil memenangkan dua pertandingan. Hanya saja, dua pertandingan terakhir berjalan ketat dengan rubber game. Pertemuan terakhir dimenangkan Hendra/Ahsan dengan skor 12-21, 21-19, 21-19 di French Open 2019 lalu.

”Mereka performanya lagi naik. Kami harus lebih waspada lagi. Peluang masih 50-50 ya. Yang penting kami beri yang terbaik saja,” kata peraih emas Olimpiade Beijing 2008 bersama mendiang Markis Kido tersebut.

Capaian Ong/Teo juga tidak sembarangan. Mereka berhasil mencapai semifinal Kejuaraan Dunia 2021 pada Desember lalu. Dalam turnamen itu, Ong/Teo menumbangkan Rankireddy/Shetty dan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Lebih lanjut, Ahsan berharap cedera engkelnya tidak akan mengganggu saat tampil di India Open 2022 ini. ”Sejauh ini kondisi saya sudah lumayan baik. Sudah latihan terus. Semoga tidak kambuh lagi saat di sana,” ujar Ahsan. (*)

Reporter: JPGroup

Update