Sabtu, 3 Desember 2022

Hasil Laga Pembuka Piala Dunia 2022: Ekuador Menang, Qatar Catat Sejarah Buruk

Berita Terkait

Penyerang Ekuador Enner Valencia saat mencetak gol kedua timnya ke gawang Qatar pada laga pembuka Piala Dunia 2022. (Glyn Kirk/AFP)

batampos – Qatar mencatat sejarah buruk di Piala Dunia. Qatar menjadi tuan rumah pertama yang kalah pada laga pembuka Piala Dunia.

Bertanding di kandang sendiri Al Bayt Stadium, Al Khor malam tadi (20/11), Qatar dibekuk Equador di laga perdana Piala Dunia 2022 dengan skor 2-0.

Ekuador yang langsung menggebrak pertahanan Qatar, mampu mencetak gol lewat Enner Valencia pada menit ke-3. Namun, gol tersebut dianulir. Setelah melakukan review VAR, terlihat pemain Ekuador Michael Estrada berada dalam posisi offside sebelum gol itu terjadi.

Baca Juga: Mengenal Stadion Al Bayt, Panggung Pembukaan dan Laga Piala Dunia 2022 Qatar

Namun, tidak menunggu terlalu lama, Ekuador akhirnya mencetak gol pembuka pada menit ke-16. Gol itu bermula dari sebuah aksi individual Valencia yang dihentikan kiper Qatar Saad Al Sheeb di dalam kotak penalti. Ekuador mendapatkan hadiah penalti. Al Sheeb terkena kartu kuning.

Valencia yang maju sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membawa Ekuador unggul 1-0. Gol ini bersejarah. Sebab inilah untuk kali pertama di Piala Dunia, gol pembuka lahir dari titik penalti.

Pada menit ke-31, Ekuador unggul 2-0. Gol kedua lagi-lagi diciptakan Valencia. Memanfaatkan umpan bek kanan Angelo Preciado, kapten Ekuador itu menanduk bola untuk kembali mengoyak gawang Al Sheeb.

Baca Juga: Absen karena Cedera, Tidak Ada Pengganti Benzema di Piala Dunia

Ini adalah gol kelima Valencia di Piala Dunia. Yang luar biasa, lima gol terakhir Ekuador di Piala Dunia semuanya diborong oleh Valencia.

Valencia hanya kalah dari Eusebio (Portugal 1966), Paolo Rossi (Italia 1982), dan Oleg Salenko (Rusia 1994) yang masing-masing mencetak enam gol beruntun bagi negaranya.

Pada pertandingan kedua Grup A, Qatar akan berhadapan dengan Senegal pada 25 November. Sedangkan Ekuador akan melawan Belanda di hari yang sama waktu setempat. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update