Hasil Balapan Formula 1 GP Hungaria: Lagi-lagi Verstappen yang Juara

0
48
Max Verstappen raih kemenangan ke-9 musim ini di Formula 1 GP Hungaria. (VLADIMIR SIMICEK / AFP)
Max Verstappen raih kemenangan ke-9 musim ini di Formula 1 GP Hungaria. (VLADIMIR SIMICEK / AFP)

batampos – Red Bull kembali memenangi balapan Formula 1 melalui dominasi Max Verstappen sejak lap pertama sampai finis. Ini adalah kemenangan ke-9 bagi pembalap Belanda itu musim ini. Dan tujuh kali secara beruntun.

Sementara Lando Norris dan McLaren juga menunjukkan bahwa mobil mereka memiliki potensi untuk meraih podium di setiap balapan di sisa musim 2023.

Norris tampil gemilang dengan menahan Sergio Perez sepanjang 10 lap terakhir dan finis di posisi runner up. Red Bull menggenapi dominasinya dengan menempatkan Perez di podium terakhir.

Lewis Hamilton sejatinya melakukan start bagus dengan mempertahankan posisinya sebagai pole sitter. Namun, memasuki tikungan 1 Max Verstappen menyodok dari sisi dalam yang memaksa Hamilton melebar.

Duel tersebut menyisakan ruangan cukup lebar di sisi dalam tikungan yang dimanfaatkan sangat baik oleh Oscar Piastri (McLaren). Begitu keluar tikungan, Piastri sudah berada di antara Verstappen di depan dan Hamilton di tempat ketiga.

Semakin berat bagi Hamilton karena Lando Norris juga menyusul di belakang Piastri. Lepas lap 1 Hamilton anjlok dari pole ke posisi ke-4.

Piastri pit di lap 18. Disusul Norris di lap berikutnya untuk melakukan undercut. Strategi itu berhasil. Norris keluar pitlane tepat di depan Piastri di posisi 4.

Lap ke-20 Verstappen tetap memimpin, namun belum melakukan pit. Dibayangi rekan setimnya Sergio Perez yang memasang ban hard di tempat kedua. Jarak keduanya 23 detik.

Verstappen pit di lap 24 dan tetap memimpin setelah kembali ke trek. Verstappen memasang ban hard untuk melancarkan strategi satu kali pit stop.

Perez it di lap ke-25 dan keluar di posisi ke-7. Dengan begitu, posisi kedua menjadi milik Norris dan ketiga Piastri.

Lap 28, Perez yang memiliki ban lebih fresh menyalip Carlos Sainz (Ferrari) dan merebut posisi ke-6. Berselang beberapa tikungan berikutnya, George Russell menjadi korban Perez berikutnya, P5.

Piastri pit stop kedua di lap ke-44. Posisinya turun ke urutan ke-4. Kemudian Norris juga pit dan kembali di posisi ke-3.

Lap ke-47 Perez berhasil menyalip Piastri dan merebut posisi ke-4.

Lap 57 Hamilton menyalip Piastri untuk merebut posisi ke-4.

Memasuki 10 lap terakhir, Perez memburu Norris di posisi kedua. Jarak mereka 3,8 detik.

Namun, Norris tampil konsisten dengan menjaga aman dari Perez dan finis di posisi kedua. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini