Sabtu, 1 Oktober 2022

Hanya Berlaga di Liga Eropa, Ronaldo Tak Lagi Bergelar Mr Champions

Berita Terkait

Batam Juara Umum Kejurprov PBSI Kepri

Guangzhou jadi Tuan Rumah World Tour Finals 2022

Nagelsmann Diminta Tepikan Gaya yang Fashionable

Gestur Cristiano Ronaldo setelah gagal memanfaatkan peluang dalam laga Manchester United kontra Southampton FC di Old Trafford. (OLI SCARF/AFP )

batampos – Mr Liga Champions adalah predikat yang disandang Cristiano Ronaldo. Salah satunya karena bintang Portugal itu merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions sampai saat ini dengan 140 gol maupun umpan gol (42).

CR7 sekaligus paling banyak memenangi predikat top scorer dalam semusim, yakni 7 kali.

Belum lagi sederet rekor lainnya seperti kemenangan terbanyak (113), gol penalti terbanyak (19), gol kandang terbanyak (76), gol tandang terbanyak (63), gol terbanyak ke satu tim (10, Juventus), gol terbanyak di final (4), maupun brace terbanyak (38).

Koleksi 5 gelar Liga Champions Ronaldo juga hanya berjarak satu gelar dengan rekor Francisco Gento (6 gelar).

Tapi, semua capaian hebat itu seolah sirna ketika Ronaldo akhirnya gagal melanjutkan kiprah berlaga di Liga Champions musim ini.

Striker Manchester United berusia 37 tahun tersebut harus menerima nasib berlaga di Liga Europa. Bahkan, seiring mulai tergeser dari pilihan reguler di Premier League, Liga Europa tak ubahnya menjadi arena bermain Ronaldo.

Pelatih United Erik ten Hag sudah memberi sinyal akan memainkan Ronaldo sebagai starter saat melawan Real Sociedad dalam matchday pertama grup E di Old Trafford dini hari nanti (siaran langsung SCTV/Champions TV1/Vidio pukul 02.00 WIB).

”Dia (Ronaldo, Red) hanya menjadi starter melawan Brentford (dari enam laga Manchester United musim ini, Red). Untuk laga besok (dini hari nanti WIB, Red), dia bisa melakukannya (menjadi starter, Red),” papar Ten Hag kepada MUTV.

Ronaldo sejatinya bukan debutan di Liga Europa. Dia pernah tampil di kompetisi kasta kedua Eropa itu pada musim 2002–2003.

Saat itu dia masih berkostum Sporting CP atau semusim sebelum periode pertama membela United.

Kala itu peraih lima kali pemain terbaik dunia tersebut hanya bermain dua kali. Kandang dan tandang di putaran pertama melawan FK Partizan.

Ronaldo membukukan satu umpan gol, tapi Sporting kalah agregat 4-6.

Yang debutan justru gelandang baru United Casemiro. Mantan rekan setim Ronaldo di Real Madrid itu selalu merasakan Liga Champions dalam sembilan musim berkarier di Eropa.

Delapan musim bersama Real Madrid dan semusim (2014–2015) ketika dipinjamkan ke FC Porto.

Casemiro memang dua kali turun membela United. Tetapi belum pernah menjadi starter dan kesempatan itu terbuka dini hari nanti.

Pengalaman sering menghadapi Real Sociedad (14 kali dan 10 di antaranya menang) tentu bisa membantu United. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update