Minggu, 25 Februari 2024

Gol Bunuh Diri Antarkan Yordania Pertama Kali ke Semi Final Piala Asia 2023

Berita Terkait

Timnas Yordania yang berhasil maju ke semifinal Piala Asia pertamakalinya. (Foto: AFC Asian Cup)

batampos – Pertandingan perempat final Piala Asia 2023 yang mempertemukan Tajikistan vs Yordania berhasil berakhir dengan kemenangan 0-1 untuk pastikan langkah The Chivalrous (julukan Timnas Yordania) ke Semifinal Piala Asia pertama kali.

Laga yang dimainkan di Ahmed bin Ali Stadium pada Jumat (2/1) pukul 18.30 WIB ini berjalan tak banyak gol yang tercipta. Kealotan dalam mencetak gol terlihat sejak babak pertama. Kedua tim saling serang untuk menciptakan peluang gol pembuka.

Yordania menghasilkan peluang pertamanya pada menit ke-4 melalui Yazan Al Naimat di dekat kotak penalti, tapi tendangan belum bisa dimanfaatkan dengan baik karena tendangan kaki kirinya masih melebar dari tiang gawang.

Tajikistan menekan dan mendapat peluang di menit-16 melalui duel antara Shervoni Mabatshoev yang mengirimkan umpan ke Ehson Panjshanbe yang posisinya berada di depan gawang Yordania, Namun operan itu masih belum menghasilkan gol karena masih membentur gawang.

Baru di menit awal Pada menit ke 22 Tajikistan harus kehilangan penyerang mereka Shahrom Samiev karena alami cidera, ia pun keluar dari lapangan sambil menangis tersedu sedu yang akhirnya digantikan oleh Rustam Soirov.

Hingga babak pertama tak ada gol yang tercipta dari kedua kesebelasan, skor 0-0 masih berimbang.

Babak kedua dimulai, kedua tim yang bertanding tak berhenti untuk saling serang menciptakan peluang-peluang mencetak gol.

Hingga di menit ke 66, Yordania berhasil membuka keunggulan dengan gol yang masuk ke sarang Tajikistan, gol itu tercipta dari gol bunuh diri pemain Tajikistan Vakhdat Khanovov

Kala itu tendangan sepak pojok dikirimkan oleh Mahmoud Al Mardi ke gawang Tajikistan yang kemudian bola disundul oleh Abdallah Nasib dan justru mengenai Khanovov yang membuat bola itu masuk ke gawangnya sendiri. Kejadian ini membuat keunggulan 1-0 untuk Yordania.

Laga masih berlanjut kedua tim masih sama-sama saling serang, Namun hingga jelang peluit akhir dibunyikan masih tak ada tambahan gol tambahan yang membuat skor akhir 1-0 untuk kemenangan Yordania.

Kemenangan ini mengatarkan Yordania ke semifinal Piala Asia pertama kali dalam Sejarah sepak bolanya, selama keikutsertaanya di Piala Asia Yordania belum pernah mampu mencapai Semi Final dan pencapaian terbaiknya adalah lolos ke perempat final dalam dua Upaya sebelumnya di tahun 2004 dan 2011.

Langkahnya lolos ke semi final membuat sejarah baru bagi Yordania yang dilakukan di edisi Piala Asia 2023. Yordania akan menantang Korea Selatan di semi final yang juga telah petik kemenangan di perempat final melawan Australia. (*)

SourceJPGroup

Update