Sabtu, 20 Juli 2024

Gaet Wonderkid Young Lions, Newcastle Rogoh Kocek Dalam-dalam

Berita Terkait

Anthony Gordon telah diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Newcastle United kemarin (30/1) WIB. (NEWCASTLE UNITED FC )

batampos – Newcastle United melakukan perekrutan sukses pada bursa transfer musim dingin Januari tahun lalu.

Gelandang Bruno Guimaraes, bek kanan Kieran Trippier, dan bek kiri Dan Bunn merupakan tiga rekrutan setahun lalu yang sukses menjadi starting XI sepanjang musim ini.

Tahun ini, The Magpies –sebutan Newcastle United– seperti terlihat ”tidak melakukan apa-apa” di bursa transfer Januari lantaran hanya ada nama Garang Kuol.

Penyerang 18 tahun asal Australia itu pun sejatinya rekrutan musim panas yang diproyeksikan bergabung per 1 Januari 2023.

Baca Juga: Catatan Hebat Barcelona; 8 Laga, 7 Menang, 1 Imbang

Sampai akhirnya klub milik Kerajaan Arab Saudi itu merogoh kocek dalam-dalam kemarin (30/1) WIB.

The Magpies membayar GBP 40 juta (Rp 742,5 miliar) plus bonus GBP 5 juta (Rp 92,7 miliar) kepada Everton untuk mendapatkan winger Inggris U-21 Anthony Gordon. Kenapa banderol Gordon mahal?

Tak lain karena winger 21 tahun itu diincar beberapa big six. Chelsea, misalnya, menginginkannya sebelum berpaling ke winger Inggris U-21 lainnya, Noni Madueke.

Gordon dianggap sebagai wonderkid The Young Lions – sebutan Inggris U-21– seiring mengoleksi 4 gol hanya dalam 7 penampilan.

Dibandingkan angkatannya, dia paling sukses menembus persaingan level teratas sejak debut di Premier League tiga tahun lalu. Total sudah 65 laga dan 7 gol dikoleksinya.

Meski berposisi winger kiri, posisi Gordon sering diutak-atik oleh Frank Lampard, pelatih Everton sebelum digantikan Sean Dyche per 23 Januari lalu.

Baca Juga: Chelsea Tak Ada Jadwal Pertandingan, Graham Potter Lakukan Pendekatan Berbeda

Gordon bisa main winger kanan maupun false nine. Kemampuan versatile Gordon itulah yang menarik minat pelatih The Magpies Eddie Howe.

”Anthony talenta top (di Inggris) saat ini dan aku senang bisa menanganinya sekarang. Aku sudah tidak sabar melihat pengaruhnya dalam tim,’’ ungkap Howe di laman resmi klub.

Sementara itu, Gordon menyebut Howe adalah alasan kenapa dirinya memilih bergabung dengan The Magpies.

’’Cara tim ini bermain di bawah Eddie cocok denganku dan mereka terlihat sedang menuju ke arah yang benar,’’ tutur mantan pemain akademi Liverpool FC tersebut kepada NUTV.

”Di bawah arahannya (Howe), aku rasa, aku akan bisa menampilkan keunggulanku di sini (Newcastle),” imbuh pemilik nomor 10 di Everton tersebut. (*)

 

 

Reporter: JPgroup

 

 

Update