Selasa, 27 Februari 2024

Final Piala Asia 2023 : Yordania vs Qatar, The Chilvarous Cetak Sejarah Baru

Berita Terkait

Yordania vs Qatar akan bertemu dibabak Final Piala Asia 2023 (Sumber Foto : AFC Asian Cup)

batampos – Tuan rumah Qatar akan menjamu Yordania dalam perebutan gelar di Final Piala Asia 2023. Siapakah yang akan keluar sebagai juara?.

Gelaran Piala Asia 2023 hampi usai, sajian kejutan-kejutan dan cerita baru mewarnai sepanjang laga, negara yang menjadi favorit juara pun sudah berjatuhan selama dibabak gugur.

Qatar juara bertahan akan berambisi untuk mencari gelar keduanya berturut-turut setelah menjadi juara spektakuler pada edisi sebelumnya di tahun 2019.

Sementara itu Yordania akan berambisi untuk mencetak Sejarah dan meraih gelar pertamanya.

Tim yang berjulukan The Chilvarous ini menjadi tim debutan yang tampil di final Piala Asia pertama mereka karena tidak pernah melewati babak perempat final dalam empat penampilan terakhir di Piala Asia.

Laga semifinal yang dilaksanakan di Al Thumama Stadium pada Rabu (7/2) berhasil mengantarkan Qatar melaju ke final Piala Asia setelah mengalahkan Iran yang merupakan juara Piala Asia 3 kali dan belum pernah terkalahkan sejak 10 pertemuan terakhirnya dengan the Maroons. Iran dikalahkan oleh Qatar di Semifinal dengan skor tipis 3-2.

Dibabak kedua, tim kesebelasan sama-sama koleksi skor yang sama yaitu 2-2, Namun, Qatar jelang 8 menit laga berakhir mampu memanfaatkan peluang serangan balik yang mengubah skor 3-2 diciptakan oleh Almoez Ali.

Ketertinggalan Iran diperparah dengan kartu merah yang didapatkan oleh Shoja Khalilzadeh dimenit 90+3’ membuat Iran bermain 10 pemain yang berakhir tak mampu menyamakan kedudukan dan harus puas dengan kekalahanya terhadap tuan rumah.

Tak kalah drama, laga Semifinal yang dilaksanakan sehari sebelumnya pada Selasa (6/2) di Ahmed bin Ali Stadium, Yordania berhasil melaju ke final usai mengalahkan juara favorit Korea Selatan dibabak Semifinal dengan skor cukup telak 2-0 tanpa balas. Bahkan Korea Selatan dibikin tak mampu ciptakan shot on goal sama sekali ke gawang Yordania.

Pertahanan yang solid dari Yordania berhasil mematahkan comeback Korea Selatan yang selalu dilakukan jelang menit akhir, membuat tim berjulukan Taeguk Warriors itu harus tersingkir dan pulang lebih dulu.

Hasil kedua pemenang di Semifinal itu akan memastikan keduanya bertemu di Final Piala Asia 2023. Qatar akan menghadapi Yordania dalam final Piala Asia 2023.

Seperti yang dikutip dalam laman AFC, Final Piala Asia 2023 akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Februari 2024 pukul 22.00 WIB di Lusail Stadium Qatar.

Final Piala Asia 2023

Yordania vs Qatar

Sabtu (10/2/2024)

Pukul 22.00 WIB

Sumber: JP Group

 

Update