Rabu, 25 Mei 2022

Ditahan Singapura 1-1, Pelatih Indonesia Tak Puas

Piala AFF 2020

Berita Terkait

Gelandang Tim Nasional Indonesia Witan Sulaeman merayakan gol yang dia cetak ke gawang Singapura bersama Asnawi Mangkualam. Leg pertama semifinal AFF 2020 ini berakhir imbang 1-1. (Tim Media PSSI)

batampos – Indonesia gagal meraih kemenangan pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Menghadapi tuan rumah Singapura di National Stadium, Kallang, malam tadi (22/12), Indonesia hanya bermain imbang 1-1.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong memulai permainan dengan pola 3-4-3 atau 5-4-1. Striker Arema FC Dedik Setiawan menjadi starter menggantikan Ezra Walian. Sedangkan bek tengah Persebaya Surabaya Rizky Ridho dipasang sejak menit pertama sebagai satu dari tiga pemain bertahan.

Pada babak pertama, para pemain Indonesia melakukan pressing yang sangat baik. Mereka bertahan dengan solid dan bermain ngotot.

Kengototan Indonesia berbuah hasil manis pada menit ke-28. Kapten Asnawi Mangkualam tidak terjatuh walau dijegal pemain Singapura. Dia terus berlari lalu bekerja sama dengan Witan Sulaeman pada area kanan.

Hasilnya, Asnawi mengirimkan umpan yang sangat baik kepada Witan di dalam kotak penalti. Witan berhasil menemukan ruang dan bediri sendirian. Sebab, dua pemain belakang terpecah konsenterasinya dengan pergerakan Dedik. Alhasilnya, Witan tidak menyia-nyiakan kesempatan. Tendangannya, mengoyak jala penjaga gawang veteran berusia 37 tahun, Hassan Sunny.

Pada awal babak kedua, Shin Tae-yong melakukan dua pergantian pemain. Dedik dan Rizky digantikan Ezra Walian dan Elkan Baggott. Sayang, pergantian itu tidak memberikan dampak yang sangat baik. Bahkan Ezra digantikan Hanis Saghara pada menit ke-79.

Di babak kedua ini, Singapura sendiri berusaha bangkit dan terus memberikan tekanan kepada pertahanan Indonesia. Singapura memiliki peluang terbaik pada menit ke-63 lewat penyerang Faris Ramli.

Untung bagi Indonesia, Faris yang berada sendirian di dalam kotak penalti, gagal menceploskan bola ke gawang Nadeo Argawinata.

Terus menyerang, Singapura akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Umpan matang Faris yang mengacak-acak pertahanan Indonesia, mampu diselesaikan dengan baik oleh Ikhsan Fandi pada menit ke-70.

Singapura punya peluang emas lain pada menit ke-73. Untung bagi Indonesia, tandukan bek Safuwan Baharudin hanya membentur tiang gawang sebelah kanan.

Pada menit ke-77 gelandang Indonesia Ricky Kambuaya dilanggar di dalam kotak penalti. Namun, wasit asal Korea Selatan Kim Hee-gon tidak jeli. Dia hanya memberikan tendangan bebas kepada Indonesia. Padahal, harusnya Indonesia berhak mendapatkan penalti.

“Saya tidak puas dengan hasilnya. Saya kira, kami sudah mengalami momen sulit dalam pertandingan ini. Kami mengalami momen baik dan monem sulit sepanjang turnamen ini. Dan malam ini kami mengalami momen sulit,” kata pelatih Indonesia Shin Tae-yong setelah pertandingan. “Saya cukup kecewa,” imbuh pelatih asal Korea Selayan itu.

Leg kedua semifinal Piala AFF 2020 masih berlangsung di National Stadium Singapura pada 25 Desember. Pemenang dalam laga itu, akan lolos ke final menghadapi Vietnam atau Thailand. (*)

Reporter: JPGroup

Update